10 Contoh Jawaban Tujuan Karir Anda Adalah? Saat Interview Kerja

10 Contoh Jawaban Tujuan Karir Anda Adalah? Saat Interview Kerja

Terkini | okezone | Minggu, 29 September 2024 - 11:03
share

JAKARTA - Contoh jawaban tujuan karir adalah? saat interview kerja menjadi hal yang penting untuk dipelajari bagi para pelamar kerja. Biasanya akan ditanya mengenai tujuan karir atau rencana karir oleh interview user dan HRD perusahaan.

Pertanyaan tujuan karir ini biasanya berupa “apa tujuan karir Anda dalam 5 tahun ke depan?” atau “jelaskan tujuan karir Anda dan bagaimana Anda mencapainya?’.

Mungkin beberapa orang masih ada yang belum paham dengan tujuan karir. Lalu, apa yang dimaksud dengan tujuan karir?

Menurut Ahmad Karim dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, menjelaskan bahwa tujuan karir adalah hal yang penting karena membantu seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Sedangkan menurut Mansur Chadi Mursid dalam buku Manajemen Kualitas Karyawan, tujuan karir adalah pernyataan tentang posisi masa depan di mana seseorang berupaya mencapai sebagai bagian dari karir hidupnya.

Berikut 10 contoh jawaban tujuan karir wawancara kerja yang dilansir dari berbagi sumber:

1. Ahli dalam Bidang Terkait

Kamu bisa memberikan jawaban yang realistis dan terukur dengan keahlian yang kamu miliki. Berikut adalah contoh dari jawaban tujuan karir yang bisa kamu ikuti:

Tujuan saya adalah ingin menjadi seorang ahli di bidang industri properti dan menjadi sumber daya yang berharga di perusahaan ini. Maka, saya ingin terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya di bidang properti.

2. Target Pencapaian karir yang Jelas

Berikan target pencapaian yang jelas, namun harus didukung oleh informasi yang relevan.

Untuk meyakinkan perusahaan, kamu dapat memberikan target rencana karir misalnya untuk mencapai posisi manajer properti membutuhkan waktu lima tahun untuk bisa menjadi manajer di perusahaan tersebut.

Berikut contoh dari jawaban tujuan karir yang bisa kamu ikuti:

Saya yakin akan mampu mencapai level manajer keuangan dalam lima tahun ke depan di perusahaan ini.

3. Kontribusi pada Perusahaan

Jika ditanya “apa tujuan karir Anda?”, kamu dapat menjawab:

Tujuan karir saya adalah berkontribusi pada perusahaan sesuai dengan posisi saya di perusahaan ini. Selain itu saya ingin berfokus pada pembangunan berkelanjutan.

Perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang siap, terbuka dengan tantangan, dan berkontribusi jelas. Hal ini akan memberikan motivasi kerja yang jelas dan terukur sehingga perusahaan akan terkesan dengan jawaban yang kamu berikan.

4. Tunjukkan Komitmen

Untuk mebangun dan mencapai tujuan karir tentu membutuhkan komitmen yang kuat. Oleh karena itu, kamu perlu menjawab bahwa kamu memiliki komitmen yang tinggi pada perusahaan.

Apalagi bagi fresh graduate yang sudah siap terjun ke dunia pekerjaan. Berikut contoh jawaban yang dapat kamu gunakan:

Bagi saya, pekerjaan seperti sebuah hubungan. Dengan komitmen dan dedikasi yang saya berikan, hubungan tersebut akan menjadi berguna bagi keduanya. Meskipun saya seorang fresh graduate, saya memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan karir perusahaan ini. Saya ingin terus belajar, tumbuh, menghadapi tantangan baru, mengikuti pelatihan, dan mendapatkan pengalaman yang berharga sehingga dapat memperluas pemahaman dan keterampilan saya yang pada akhirnya berdampak pada perusahaan.

Topik Menarik