Profil Maman Abdurrahman yang Ditunjuk Prabowo Jadi Menteri UMKM

Profil Maman Abdurrahman yang Ditunjuk Prabowo Jadi Menteri UMKM

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:41
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto menunjuk politikus Maman Abdurrahman sebagai Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029.

Kementerian UMKM merupakan kementerian baru setelah pemisahan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Lantas, siapa Maman Abdurrahman yang sebelumnya santer dikabarkan sebagai calon Menteri UMKM pilihan Prabowo?

Maman Abdurrahman lahir di Pontianak, 10 September 1980. Dia lulusan Sarjana Teknik Perminyakan Universitas Trisakti.

Selama kuliah, Maman aktif berorganisasi, Dia pernah menjadi Ketua Bidang di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Trisakti pada 2003–2004, dan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti pada 2004–2006.

Perjalanan karier politik Maman dimulai usai bangku kuliah. Dia bergabung dengan Partai Golkar. Tetapi, dia tidak langsung menjadi pengurus inti atau pengurus tingkat pusat.

Saat itu, Maman pernah tercatat menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Hingga akhirnya, Maman Abdurrahman menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Golkar pada 2016-2019. Lalu, menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Barat untuk periode 2020-2025.

Bersama Golkar, Maman Abdurrahman maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI pada 2019 dan berhasil lolos sebagai wakil Rakyat yang duduk di Senayan.

Mengutip Antara, Maman sempat menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang membidangi energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup. Namun, sebelumnya, Maman sempat menjadi Anggota PAW DPR RI pada 2018-2019.

Sebelumnya, Maman sempat menemui Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden ke-7 Joko Widodo pada Jumat (18/10) untuk membicarakan masa transisi pemerintahan.

Topik Menarik