Kemenko Marves Bubar di Era Prabowo, Kini Tugasnya Diambil Alih Menko Airlangga

Kemenko Marves Bubar di Era Prabowo, Kini Tugasnya Diambil Alih Menko Airlangga

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 15:18
share

JAKARTA - Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) dibubarkan di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Nantinya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mengambil alih tugas tersebut yang sebelumnya dipimpin oleh Luhut Binsar Pandjaitan dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi).

Airlangga mengakui penugasan ini adalah amanah yang tidak mudah sehingga diperlukan untuk bekerja lebih keras lagi.

"Alhamdulillah dapat amanat yang berat, jadi kita perlu bekerja lebih keras," kata Airlangga yang kembali ditunjuk sebagai Menko Bidang Perekonomian di Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Lanjut Airlangga mengatakan, lantaran terjadinya banyak perubahan struktur konsentrasi di bawah Kemenko Perekonomian dalam periode 2024-2029 ini.

Salah satunya yaitu, kementerian yang dipimpinnya kali ini mendapatkan tugas baru yaitu mengkoordinasikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Investasi dan Hilirisasi serta Kementerian Pariwisata.

"Apalagi ada perubahan konsentrasi dari kantor Kemenko karena saat ini energi, investasi juga masuk di bawah Kemenko dan pariwisata," katanya ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian usai pelantikan di Istana Negara, Senin (21/10/2024).

Asal tahu saja, sektor-sektor yang disebutkan Airlangga itu sebelumnya berada di bawah koordinasi Kemenko Maritim dan Investasi (Marves) yang semula dipimpin oleh Luhut.

"Sehingga pesannya jelas (bahwa) harus mengumpulkan devisa, harus meningkatkan investasi, harus membuka lebih banyak lapangan kerja," pungkas Airlangga.

 <div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMS8xLzE4NjIzMS8zL3J5WmtMSUtoLVk4" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik