20 Atlet Papua Selatan Siap Mengikuti Peparnas XVII 2024 di Kota Solo Jawa Tengah

20 Atlet Papua Selatan Siap Mengikuti Peparnas XVII 2024 di Kota Solo Jawa Tengah

Olahraga | jayapura.inews.id | Selasa, 3 September 2024 - 08:40
share

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Sebanyak 20 atlet Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 Papua Selatan mulai hari ini mengikuti training center (TC) terpusat di hotel akad jalan prajurit Merauke,selasa 03 september sampai 24 September 2024.

20 atlet Peparnas asal Papua Selatan itu akan mengikuti pekan paralimpiade nasional (Peparnas) XVII 2024 yang digelar pada tanggal 06 - 13 oktober 2024 di kota Solo Jawa Tengah dengan mempertandingkan 14 cabang olah raga dari 38 Provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan, Soleman Jambormias mengungkapkan Peparnas adalah cabang olahraga yang diikuti oleh para atlet dengan kebutuhan khusus(penyandang disabilitas).hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga negara.

"Peparnas sendiri biasanya diadakan setelah pekan olahraga nasional (PON) dengan tuan rumah PON juga menjadi pelaksana Peparnas. Namun pada tahun 2024 kedua acara ini dipisah sementara dikarenakan jarak yang terlalu jauh bagi para atlet dengan kebutuhan khusus,” ucapnya.

Anggaran yang digolontorkan Pemerintah Papua Selatan melalui dana hibah dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebesar 5 milyar rupiah untuk sukseskan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo Jawa Tengah.

Untuk diketahui pada Peparnas XVI 202I yang dilaksanakan di Papua, ada 7 atlet asal Papua Selatan berhasil meraih medali baik, emas, perak dan perunggu, sehingga diharapkan di Peparnas XVII 2204 ini dapat kembali menoleh puing-puing medali dan mengharumkan nama Papua Selatan di tingkat nasional untuk pertama kalinya.

Topik Menarik