STY Kaget Timnas Indonesia Dibantai Bahrain, Erick Thohir: Sejarah yang Bikin Malu Bangsa!

STY Kaget Timnas Indonesia Dibantai Bahrain, Erick Thohir: Sejarah yang Bikin Malu Bangsa!

Berita Utama | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 23:48
share

JAKARTA, iNews.id- Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menilai wajar Shin Tae-yong kaget tahu Timnas Indonesia pernah kalah 0-10 dari Bahrain. Sebab, STY belum tahu sejarah kelam sepak bola Indonesia.

Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia kalah 0-10 dari Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014 tepatnya 29 Februari 2012. Saat itu, Timnas Indonesia mengalami dualism PSSI.

Erick Thohir menyebut kekalahan itu terjadi saat sepak bola Indonesia dalam masa kelam. Persoalan dualisme federasi PSSI dan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) jadi penyebab Utama.

"Ya karena kan Shin Tae-yong tidak tahu sejarahnya. Kalau tidak salah waktu itu pas dualisme PSSI, dualisme liga. saya juga masih muda banget dong, ya waktu itu akhirnya kan kita tidak bisa mengirimkan tim terbaik, ya wajar dibantai. Tetapi itu kan menjadi pelajaran buat kita," kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

"Akhirnya sejarah tercatat apalagi kualifikasi Piala Dunia juga waktu itu, kan malu sih sebagai bangsa dibantai seperti itu. Berdosa tidak bisa mempersiapkan tim dengan sebaik baiknya karena ego pemimpin, ego kekuasaan. Akan tetapi, tidak mencari solusi untuk marwah dan martabat bangsa," tambahnya.

Erick Thohir mengatakan untuk membangun Timnas Indonesia yang tangguh dan berprestasi memang butuh dukungan semua elemen bangsa. Hal itulah yang dilakukan PSSI saat ini.

"Kalau kita sebagai bangsa, sebagai PSSI, sebagai stakeholder sepakbola, ya kita harus bersatu. Itu untuk bisa melakukan sesuatu yang kita impikan sehingga kita menjadi sebuah kesatuan terbaik," ucapnya 

"Justru itulah komitmen kita harus bisa mengatur semuanya lebih baik supaya timnas baik, jangan sampai dibantai 0-10 seperti dulu," tambahnya.

Topik Menarik