Wasit Kontroversial Asal Arab Pimpin Laga Indonesia vs China, Bikin Australia Kalah dari Bahrain

Wasit Kontroversial Asal Arab Pimpin Laga Indonesia vs China, Bikin Australia Kalah dari Bahrain

Olahraga | kutai.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 12:40
share

QINGDAO, iNewsKutai.id - Laga timnas Indonesia vs China akan dipimpin wasit kontroversial Omar Al Ali. Wasit asal Arab itu sebelumnya sudah merugikan Australia saat kalah dari Bahrain pada laga perdana Grup C.

Laga lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga antara timnas Indonesia vs China  akan digelar Selasa (15/10/2024). Skuad Garuda percaya diri bisa meraup poin penuh dalam perrtandingan nanti.

Namun, ada hal yang cukup mengkhawatirkan. Laga ini akan kembali dipimpin wasit asal Arab, Omar Al Ali. Wasit ini sudah membuat kontroversial pada laga perdana Grup C antara Australia vs Bahrain.

Dia mengusir pemain Australia Kusini Yengi pada menit 77. Padahal, Yengi dianggap tidak melakukan pelanggaran serius yang membuatnya harus diganjar kartu merah.

Bermain dengan 10 orang, Australia dipaksa menyerah kalah dari Bahrain akibat gol bunuh diri Harry Souttar (89). Kinerja Omar ini dikhawatirkan akan kembali terulang saat memimpin laga Indonesia vs China.

Timnas Indonesia sangat butuh kemenangan untuk memastikan bisa lolos ke babak selanjutnya sekaligus menjaga asa tampil di Piala Dunia 2026.

Saat ini, skuad Garuda duduk di peringkat kelima klasemen Grup C dengan 3 poin. Jay Idzes dkk di bawah Jepang (9 poin), Australia, Arab Saudi dan Bahrain yang sama-sama mengemas 4 poin.

 

Sejatinya, Indonesia berpeluang naik peringkat saat melawan Bahrain. Namun, kemenangan skuad Garuda buyar akibat gol kontroversial tuan rumah di masa injury time.

Penyerang Bahrain, Mohamed Marhoon mencetak gol menit ke-90+9. Padahal, tambahan waktu pertandingan hanya 6 menit. Namun, wasit Oman Ahmed Al Kaf yang memimpin pertandingan tidak kunjung meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik