Kekalahan dan Imbang, PSSI Siapkan Evaluasi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Kekalahan dan Imbang, PSSI Siapkan Evaluasi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Olahraga | palu.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNewsPalu.id – PSSI akan melakukan evaluasi terhadap Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), setelah tim gagal meraih poin maksimal dalam dua laga kandang melawan Bahrain dan China. 

Tim Garuda hanya mengumpulkan satu poin dari dua laga away pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka ditahan imbang 2-2 oleh Timnas Bahrain dan kalah 1-2 dari Timnas China. Hasil ini jelas di bawah target enam poin yang dicanangkan PSSI. 

Timnas Indonesia sempat unggul 2-1 saat melawan Bahrain, namun mereka gagal mempertahankan keunggulan dan kebobolan pada menit ke-90+9. Sementara itu, meskipun mendominasi penguasaan bola hingga 76 persen dalam pertandingan melawan China, hasil akhir tetap mengecewakan.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa federasi akan segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap performa Tim Garuda. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kinerja tim agar dapat lolos ke Piala Dunia 2026.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kelima Grup C dengan tiga poin, sama dengan China yang berada di peringkat keenam. Namun, peluang untuk menuju Piala Dunia masih terbuka, karena mereka hanya berselisih dua poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di posisi kedua hingga keempat. Puncak klasemen saat ini dikuasai oleh Jepang dengan sepuluh poin.

Selanjutnya, pasukan STY akan melanjutkan perjuangan mereka dengan dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 15 dan 19 November mendatang.

Topik Menarik