KPU Banyumas Rakit Kotak Suara Pilkada Serentak Lebih Awal

KPU Banyumas Rakit Kotak Suara Pilkada Serentak Lebih Awal

Terkini | purwokerto.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 16:00
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - KPU Kabupaten Banyumas mulai merakit sebanyak 5.354 kotak suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 mulai dirakit di Gudang Logistik KPU yang berada di Kelurahan Karangklesem, Purwokerto Selatan, sejak Sabtu (19/10). Proses perakitan kotak suara ini melibatkan 31 pekerja dan diawasi oleh staf sekretariat KPU Kabupaten Banyumas.

Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik (KUL) KPU Kabupaten Banyumas, Jana Sapti Arini mengatakan perakitan kotak suara ini dilakukan lebih awal, agar jika diketahui terdapat kotak suara yang cacat atau kurang kirim, dapat segera dimintakan kekurangannya kepada penyedia. Ia menargetkan tiga hari seluruh kotak suara telah selesai dirakit.

“Dirakit lebih awal karena kami akan laporkan jika ada yang cacat atau kurang kirim dari pabrik (penyedia),” kata Jana dalam keterangannya, Senin (21/10/2024).

Jana menyatakan jika sebelum melaksanakan kegiatan perakitan kotak suara, pihaknya telah melakukan proses sortir dan pemeriksaan ulang terhadap logistik yang telah diterima, termasuk tinta, kabel ties atau segel plastik, serta sampul yang ada didalamnya.

“Untuk tinta dari 5.300 botol yang diterima, 9 botol tinta ternyata rusak dan untuk 31.800 kabel ties, alhamdulilah lengkap dan dalam kondisi baik semua,” tambah Jana. 

Proses sortir dan pemeriksaan sampul masih sedang berlangsung. Mengenai kekurangan pengiriman atau kerusakan, Jana menambahkan, akan diajukan kepada penyedia melalui aplikasi SILOG.

Hingga Sabtu (19/10), KPU Kabupaten Banyumas telah menerima logistik untuk Pilkada serentak, yang meliputi bilik suara, kotak suara, tinta, kabel ties atau segel plastik, segel kertas, serta sampul biasa. Sementara itu, surat suara dan perlengkapan lainnya masih menunggu jadwal pengiriman dari pihak penyedia.

Topik Menarik