Kebanyakan Mainan, Penyebab Moana Anak Ria Ricis Alami Speech Delay

Kebanyakan Mainan, Penyebab Moana Anak Ria Ricis Alami Speech Delay

Seleb | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 08:20
share

JAKARTA – YouTuber Ria Ricis akhirnya membagikan cerita mengenai penyebab putri sulungnya, Cut Raifa Aramoana alias Moana, mengalami speech delay atau keterlambatan berbicara.

Ria Ricis pertama kali menyadari kondisi tersebut saat Moana berusia sekitar satu tahun. Pada usia itu, menurutnya, anak seharusnya sudah mulai bisa mengucapkan beberapa kata.

"Saya sadar Moana mengalami speech delay saat dia berusia setahun. Pada usia normal, seharusnya dia sudah bisa mengucapkan beberapa kata," ujar Ria Ricis dalam wawancara di kanal YouTube Melaney Ricardo, Rabu (23/10/2024).

Ria Ricis Ungkap Penyebab Moana Alami Speech Delay
Ria Ricis Ungkap Penyebab Moana Alami Speech Delay

Setelah mengetahui bahwa perkembangan bicara Moana tidak sesuai dengan harapan, Ria Ricis segera berkonsultasi dengan sejumlah ahli dan mencari bantuan profesional.

"Kami akhirnya mulai memanggil terapis, dokter, dan berbagai ahli untuk membantu Moana," jelasnya.

Istri dari Teuku Ryan itu bahkan sempat memanggil empat dokter spesialis anak untuk memastikan kondisi Moana. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Moana memang mengalami speech delay. Bahkan, salah satu dokter sempat mendiagnosa Moana dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), gangguan saraf yang mempengaruhi perilaku anak.

"Kebanyakan dari empat dokter itu bilang speech delay, tapi ada satu yang bilang ADHD. Awalnya saya menangis, tapi kemudian saya sadar menangis hanya akan membuat saya lelah tanpa memberikan solusi," ungkap Ria Ricis.

Pilihan terakhir yang diambil Ria Ricis adalah menemui psikolog. Di sanalah ia akhirnya mengetahui penyebab utama keterlambatan bicara Moana, yaitu terlalu banyak mainan yang diberikan padanya.

"Jawabannya ternyata sederhana, salah satu penyebabnya adalah kebanyakan mainan," jelas Ria Ricis.

 

Sebagai ibu baru yang masih minim pengalaman, Ria Ricis awalnya berpikir bahwa memberikan banyak mainan kepada anak tidak akan menjadi masalah, malah sebaliknya akan membuat anak bahagia.

"Saya pikir semakin banyak mainan, anak akan semakin bahagia dan kreatif. Tapi ternyata saya salah besar," tambah adik Oki Setiana Dewi itu.

Rupanya, banyaknya mainan justru membuat Moana bingung dan kesulitan fokus, yang akhirnya berkontribusi pada speech delay-nya.

"Terlalu banyak objek dan warna membuat dia bingung, tidak bisa fokus pada satu mainan," tutup Ria Ricis.

Topik Menarik