Unnes Gandeng BTN Siapkan SDM Andal di Era Digital, Ini Tujuannya

Unnes Gandeng BTN Siapkan SDM Andal di Era Digital, Ini Tujuannya

Terkini | semarang.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 05:50
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang bertujuan memperkuat kerja sama strategis dalam pemanfaatan layanan perbankan serta pengembangan civitas akademika. 

Acara penandatanganan ini dilaksanakan di kampus Sekaran Unnes dan dihadiri oleh Rektor Unnes, Prof. Dr. S Martono, M.Si., serta Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, Rabu (23/10/2024)

Rektor Unnes, Prof. Dr. S Martono, M.Si., mengapresiasi langkah BTN untuk menjalin kerja sama yang baik dengan Unnesdalam rangka mendorong pengembangan SDM yang lebih baik di Indonesia. Sebagai langkah awal, kampus UNNES memilih BTN sebagai bank pengelola dana kuliah termasuk beasiswa mahasiswa.

“Kami berharap dana ini akan terus meningkat ke depannya dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Direktur Utama BTN dan jajaran yang berkenan untuk bekerja sama dengan UNNES. Beliau telah berkenan untuk berbagi pengalaman dalam membangun SDM Indonesia ke depan,” kata Prof Martono.

Untuk memantapkan sinergi tersebut, MoU yang telah disepakati kedua belah pihak mencakup penyediaan berbagai produk dan layanan perbankan yang dirancang khusus oleh BTN untuk Unnes. 

Salah satu layanan utama yang diberikan adalah sistem pembayaran uang kuliah melalui Host to Host (H2H) dan Cash Management System (CMS) yang memudahkan transaksi keuangan secara cepat dan efisien. 

Kerja sama ini juga mencakup penyelenggaraan kuliah umum yang melibatkan para praktisi perbankan dari BTN untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para mahasiswa, terutama mengenai pembiayaan di sektor properti dan membangun ekosistem perumahan. 

Unnes dan BTN akan berkolaborasi dalam program Learning, Advisory, and Research Housing Finance Center BTN, yang akan mendukung riset dan pengembangan dalam bidang keuangan perumahan.

 

Selain itu, BTN juga menyediakan kesempatan bagi mahasiswa UNNES untuk mengikuti program magang di BTN, yang diharapkan dapat memberikan wawasan langsung terkait dunia perbankan.

Lebih lanjut, BTN akan memberikan dukungan untuk unit usaha Unnes, yakni di antaranya Asrama Mahasiswa, Pusat Layanan Kesehatan, UnnesPress, dan Gedung Kesehatan. 

Saat memberikan kuliah umum, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitulu mengatakan, BTN terus melakukan upaya jemput bola menggiring talenta muda berkualitas untuk mendapatkan edukasi mengenai industri perbankan dan sektor properti, yang merupakan fokus bisnis BTN. 

Dalam hal ini, Unnes menjadi mitra selanjutnya bagi BTN untuk mulai mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh industri.

 “Kami percaya bahwa sinergi antara sektor perbankan dan pendidikan dapat mendorong peningkatan kualitas SDM. BTN siap mendukung Unnes dalam memberikan layanan perbankan terbaik yang dapat mempermudah dan mempercepat berbagai kebutuhan institusi pendidikan, dari sistem pembayaran hingga pengembangan riset keuangan perumahan,” kata Nixon.

Menurutnya, SDM andal sangat dibutuhkan oleh industri perbankan, terlebih lagi di era digital atau industri 4.0 menuju 5.0 yang serba otomatis dengan beragam tantangan di masa depan. 

Sebab itu, lanjut Nixon, BTN menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk menjadi One of Home of Indonesia’s Best Talent.
 

Topik Menarik