5 Negara Populasi Yahudi Besar dengan Militer Terkuat, Israel Bukan Teratas

5 Negara Populasi Yahudi Besar dengan Militer Terkuat, Israel Bukan Teratas

Global | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 20:05
share

Ada sejumlah negara populasi Yahudi besar dengan militer terkuat yang bisa diketahui. Salah satunya adalah Rusia.

Pada era modern, populasi Yahudi di dunia masih terbilang cukup banyak. Selain Israel, ada juga sejumlah negara lain yang memiliki penduduk besar yang menganut Yudaisme.

Negara Populasi Yahudi Besar dengan Militer Terkuat

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara adidaya yang memiliki penduduk Yahudi yang besar. Data Statista menyebutkan Washington setidaknya memiliki 7,3 juta warga Yahudi per 2022.

Baca Juga: Ketegangan Memanas, Iran dan Israel Saling Ancam Melenyapkan

Dikenal dengan pengaruhnya yang luas, Negeri Paman Sam juga punya kekuatan militer mumpuni. Pemeringkatan GlobalFirePower (GFP) bahkan menempatkannya dalam posisi teratas dari 145 negara di dunia.

Status tersebut sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Sejak dulu, AS sudah dikenal dengan kemampuan militernya yang sangat kuat.

Selain terlibat langsung dalam perang, AS juga berulang kali melakukan intervensi militer di negara-negara lain. Belum lagi, mereka juga cukup dermawan untuk senantiasa menyumbangkan bantuan militer kepada sekutunya, termasuk Israel.

2. Rusia

Musuh bebuyutan AS, Rusia, berada di urutan kedua. Negara ini diperkirakan memiliki pemeluk Yahudi mencapai 150.000 orang pada 2022.

Terkait militer, Rusia juga terus aktif mengembangkan kekuatannya agar tidak ketinggalan dari Amerika Serikat. Pada peringkat GFP 2024, Moskow menempel ketat AS di peringkat ke-2 dengan skor power indeks 0.0702.

Tak hanya tentara, Rusia juga punya persenjataan mumpuni dari berbagai sektornya, termasuk hulu ledak nuklir. Saat ini, mereka masih melanjutkan invasinya atas Ukraina yang sudah dimulai sejak 2022 lalu.

3. Inggris

Beralih ke Inggris, mereka diperkirakan memiliki pemeluk Yahudi mencapai 290.000 pada 2022. Angka tersebut menjadikannya sebagai salah satu yang paling besar di dunia.

Pada sektor militernya, Inggris memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Selain pengalamannya yang sudah banyak, militer negara ini juga terus berkembang hingga menempatkannya sebagai salah satu negara terkuat di dunia.

4. Prancis

Berikutnya ada Prancis. Negara ini memiliki penganut Yahudi terbanyak ketiga di dunia mencapai 440.000 orang.

Tak kalah dengan negara-negara di atas, Prancis juga punya militer kuat. Mereka bahkan menjadi salah satu negara pendiri NATO.

5. Israel

Israel adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki penduduk mayoritas Yahudi. Hal ini tidak mengherankan mengingat sejarah pendiriannya yang ditujukan sebagai negara Yahudi berdaulat.

Pada sektor militernya, Israel juga cukup kuat. Namun, kekuatannya sendiri juga banyak mendapat dukungan dari sekutu setianya, Amerika Serikat.

Menurut pemeringkatan GFP 2024, Israel berada di peringkat ke-17. Tel Aviv bahkan mengungguli negara Muslim seperti Arab Saudi (23), Irak (45) hingga Uni Emirat Arab (51).

Itulah lima negara populasi Yahudi besar dengan militer terkuat.

Topik Menarik