Awal Bulan Rabiul Akhir dan Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2024

Awal Bulan Rabiul Akhir dan Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2024

Terkini | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 08:54
share

Awal bulan Rabiul Akhir1446 Hijriah akan jatuh pada tanggal 4 Oktober 2024 mendatang. Dalam kalender Hijriah bulan setelah Rabiul Awal, bulan ini memiliki banyak keistimewaan termasuk puasa sunnahyang bisa diamalkan di bulan tersebut.

Menurut satu riwayat, orang yang pertama memberi nama bulan Rabiul Akhiradalah buyut kelima Rasulullah SAW yang bernama Kilab bin Murrah.

Mengutip buku Doa dan Zikir Sepanjang Tahun oleh H. Hamdan Hamedan, MA., Rabiul Awal diambil dari kata rabbi yang artinya adalah musim semi, sedangkan kata akhir artinya penghujung. Maka Rabiul Akhir dapat diartikan sebagai musim semi kedua atau penghujung.

Rabiul Akhir atau sering disebut juga Rabi'uts Tsani merupakan bulan keempat dalam kalender hijriah. Pada zaman Jahiliyah, Rabiul Akhir dikenal dengan sebutan bulan Wubshan atau Wabshan.

1 Rabiul Akhir 1446 H diperkirakan akan jatuh pada 4 Oktober 2024, dengan demikian berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh atau tanggal 13, 14 dan 15.

"Kekasihku (Rasulullah SAW) telah mewasiatkan kepadaku tiga nasehat yang tidak akan pernah aku tinggalkan sampai mati, yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan (ayyamul bidh), salat dhuha, dan salat witir sebelum aku tidur." (HR. Bukhari)

Rabiul Akhir atau sering disebut juga Rabi'uts Tsani merupakan bulan keempat dalam kalender hijriyah. Pada zaman Jahiliyah, Rabiul Akhir dikenal dengan sebutan bulan Wubshan atau Wabshan.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2024

1 Rabiul Akhir 1446 H diperkirakan akan jatuh pada 4 Oktober 2024, dengan demikian berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh:

- 13 Rabiul Akhir 1446 H: Rabu, 16 Oktober 2024- 14 Rabiul Akhir 1446 H: Kamis, 17 Oktober 2024- 15 Rabiul Akhir 1446 H: Jumat, 18 Oktober 2024

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh:

[arabOpen]نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى[arabClose]

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta'âlâ

Artinya: Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta'âlâ."

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh bisa dibaca malam hari sebelum melaksanakan puasa ataupun di pagi hari sebelum makan dan minum sampai terbit fajar.

Pelaksanaan puasa ayyamul bidh sama seperti puasa lainnya yakni dimulai sejak terbit matahari sampai tenggelamnya matahari.

Baca juga:Selamat Datang Rabiul Akhir, Ini 7 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam

Wallahu A'lam

Topik Menarik