Ingin Angkat Wisata Kota Semarang, Mbak Agustin Ajak Masyarakat Bikin Film Seperti Drakor

Ingin Angkat Wisata Kota Semarang, Mbak Agustin Ajak Masyarakat Bikin Film Seperti Drakor

Terkini | soloraya.inews.id | Minggu, 29 September 2024 - 09:40
share

Semarang, iNewsSoloraya.id - Bakal Calon Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti atau akrab disapa Mbak Agustin mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempromosikan wisata dan makanan khas Kota Semarang, lewat kegiatan kreatif seperti membuat film seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan.

"Yang namanya Drakor (Drama Korea) itu selalu berkaitan dengan makanan Korea, kalian pernah mikir ngga bahwa pembuatan Drakor itu dibiayai oleh pemerintah sana, pernah dengar kan? Tujuannya apa? promosi budaya, begitu drakor disukai langsung yang namanya restauran Korea booming," ungkap Mbak Agustin dalama kegiatan Prempuan Mendengar.

"Dan kalian harus tahu, sebagian besar bahan restauran itu impor dan didatangkan langsung dari Korea. Jadi kita menjadi pasar," tukasnya.

Oleh itu, Mbak Agustin mengingatkan para perempuan yang hadir di acara tersebut bisa merubah informasi yang mereka punya menjadi sebuah peluang usaha dengan bekerjasama dengan pemerintah. "Kita misalnya yang suka bikin film-film pendek berupa series atau dokumenter itu bisa mulai membuat film tentang Kota Semarang. Misalnya kita mau memperkenalkan Loenpia, Kita bikin saja lomba pembuatan film tentang Loenpia. Kita ajak kerjasama pemerintah, pasti mereka mau membiayai," ujarnya.

Mbak Agustin menandaskan, Ia ingin mempromosikan pariwisata di Kota Semarang lebih dikenal di dunia salah satunya lewat film. "Saya ini orang yang kepingin budaya makanan dan pariwisata di Indonesia itu di promosikan seperti Korea Selatan lewat Drakornya, piye caranya? Jangan kaget ya mereka-mereka yang bekerja layar di industri film di Korea sana, itu ya seperti anda semua yang hadir di sini," ucapnya.

Di Korea Selatan, sambung Mbak Agustin, para pekerja filmnya melakukan kerjasama dengan pemerintah dan dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). "Adanya pemerintah Korea itu membiayai Drakor, itu bermula dari pertemuan-pertemuan semacam ini. Ada sebuah MoU antara industri perfilman dengan pemerintah, bahwa semua film Korea itu harus mengandung konten makanan, fashion, musik dan budaya Korea," katanya.

"Kalau teman-teman ini mau kerja sama dengan pemerintah Kota Semarang, dan kita mengundang sineas-sineas film untuk menumbuhkan rasa cinta kita kepada Kota Semarang. Mari kita bikin Drama Semarang," ajaknya.

Mbak Agustin memastikan bila dirinya terpilih sebagai Wali Kota Semarang, maka pemerintah akan memfasilitasi semua kegiatan masyarakat yang memiliki dampak baik. "Kita akan memfasilitasi apapun yang positif, untuk urusan yang berkaitan dengan olah raga, hobi, seni dan inovasi-inovasi. Banyak sekali jenis hobi dan talen yang bisa meng-endorse Kota Semarang ini menjadi Kota Pariwisata," imbuhnya.

Salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut Marsha Natika yang juga merupakan seorang influencer mengaku tertarik dengan ide yang disampaikan oleh Mbak Agustin terkait dengan pelibatan industri film dalam mengangkat pariwisata Kota Semarang. 

Adik dari bintang film Zaskia Adya Mecca tersebut ingin menyampaikan hal itu kepada keluarganya yang sebagian besar berkecimpung di industri film.

"Kami sebagai anak muda jadi lebih tahu apa yang diinginkan oleh pemerintah, nanti saya sampaikan ke Mas Hanung (Hanung Bramastyo- suami Zaskia Mecca yang juga merupakan sutradara film)," tandasnya.

Topik Menarik