Peringatan 1 Tahun Genosida Israel di Palestina, MUI: Lanjutkan Boikot

Peringatan 1 Tahun Genosida Israel di Palestina, MUI: Lanjutkan Boikot

Terkini | tangsel.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 07:40
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Gerakan "Lanjutkan Boikot" kembali menjadi perhatian di media sosial setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah organisasi Islam mengajak masyarakat untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina, termasuk melanjutkan boikot terhadap produk-produk yang terkait dengan Zionis Israel. Ajakan ini disampaikan bertepatan dengan peringatan satu tahun agresi militer Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40 ribu warga Palestina dan memaksa jutaan lainnya mengungsi.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim, menekankan pentingnya melanjutkan boikot produk yang terkait dengan Israel sebagai wujud dukungan nyata terhadap perjuangan rakyat Palestina. Ia juga menegaskan bahwa Fatwa MUI terkait boikot produk Israel dan produk afiliasinya masih berlaku.

“Oleh karena itu, saya menyerukan agar boikot terhadap produk Israel terus dilanjutkan,” kata Sudarnoto di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Sudarnoto menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam dan lembaga filantropi untuk memperkuat gerakan ini, agar dukungan masyarakat Indonesia bagi kemerdekaan Palestina semakin solid.

“Kami sudah secara tegas meminta masyarakat untuk konsisten dalam memboikot produk-produk yang terkait dengan Israel sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan Palestina,” ungkapnya.

 

Di sisi lain, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis, menegaskan bahwa seruan ini merupakan refleksi dari genosida yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina, yang kini telah memasuki satu tahun pada 7 Oktober 2024. Ia berharap masyarakat Indonesia tetap bersatu dalam mendukung Palestina.

“Masyarakat harus terus konsisten dalam gerakan boikot ini. Jangan pernah berhenti, karena genosida di sana juga belum berakhir. Tugas kita adalah terus menyerukan boikot terhadap produk Israel dan segala yang berafiliasi dengannya,” ujarnya.

Gerakan "Lanjutkan Boikot" ini semakin kuat dengan dukungan sejumlah tokoh Muslim dalam acara yang diselenggarakan oleh Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Minggu (6/10/2024). Acara bertema "Perjuangan Bersama Memperingati 1 Tahun Genosida di Gaza dan 76 Tahun Perlawanan Palestina" ini dihadiri oleh tokoh-tokoh seperti Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional.

Topik Menarik