Universitas Canberra dan Kemenag Adakan Pelatihan Pendidikan Madrasah

Universitas Canberra dan Kemenag Adakan Pelatihan Pendidikan Madrasah

Terkini | okezone | Kamis, 6 Juni 2024 - 08:15
share

JAKARTA University of Canberra (UC) bersama Kementerian Agama ( Kemenag ) Republik Indonesia mengadakan program pelatihan untuk reformasi madrasah . Pelatihan untuk reformasi madrasah dilakukan dalam dua tahap pada bulan Mei dan Juni 2024 di Canberra

Dengan mengusung tema Realizing the Promise of Education" for Madrasah Education Quality Reform, pelatihan untuk periode Juni berlangsung tanggal 3-7 Juni 2024. Pimpinan UC dan para peserta pelatihan madrasah yang didampingi oleh direktur kurikulum madrasah Kementerian Agama (Kemenag) RI, diterima oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Australia dan Vanuatu bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra.

Para peserta berkesempatan untuk berdiskusi bersama Dubes RI dan Atdikbud sambil makan malam bersama di Balai Kartini KBRI Canberra. Dubes RI Siswo Pramono, menyampaikan apresiasi dan pentingnya kerjasama Indonesia dan Australia dalam meningkatkan mutu pendidikan.

KBRI Canberra, jelas Siswo, sangat mendukung kerjasama antara UC dan Kemenag RI dalam pengembangan kualitas pendidikan madrasah. "Kerja sama yang solid antara Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang pendidikan, merupakan fondasi yang kuat untuk perkembangan generasi muda di Indonesia, khususnya pendidikan madrasah," ungkap Dubes Siswo dalam sambutannya, dikutip Kamis (6/6/2024).

Siswo menambahkan jika madrasah merupakan lembaga pendidikan yang sangat dekat dengan masyarakat akar rumput, sehingga madrasah yang berkualitas akan berpengaruh pada masyarakat yang berkualitas. Dengan pelatihan dan kerjasama yang dilakukan, Dubes Siswo berharap madrasah semakin professional dan semakin memainkan peranan penting dalam pendidikan masyarakat, baik dari sisi keagamaan maupun keilmuan umumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Atdikbud KBRI Canberra, Mukhamad Najib, menyampaikan bahwa kerja sama antara Kemenag dan UC adalah salah satu bentuk kerja sama yang luar biasa. Para pimpinan di berbagai wilayah Indonesia yang bertanggung jawab terhadap kualitas madrasah mendapatkan pengetahuan baru dengan belajar dari bagaimana Australia meningkatkan dan menjamin kualitas pendidikannya.

Topik Menarik