Makhluk Hidup di Bumi Pernah Punah, Alquran dan Sains Beberkan Faktanya

Makhluk Hidup di Bumi Pernah Punah, Alquran dan Sains Beberkan Faktanya

Terkini | okezone | Kamis, 6 Juni 2024 - 08:06
share

ALQURAN dan sains mengungkapkan kepunahan massal yang penah terjadi di planet bumi telah berlangsung sebanyak lima kali. Hal ini sejatinya sudah dijelaskan dalam Surat Qaf Ayat 4.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran :

Artinya: "Sungguh, Kami telah mengetahui apa yang ditelan bumi dari (tubuh) mereka, sebab pada Kami ada kitab (catatan) yang terpelihara baik." (QS Qaf: 4)

Kepunahan kehidupan pertama terjadi pada periode Cambria-Ordovicia. Ini berlangsung dalam dua puncak masa pemusnahan yang dipisahkan oleh ratusan ribu tahun periode.

Dirangkum dari buku "Tafsir Ilmi, Kepunahan Makhluk Hidup dalam Perspektif Alquran dan Sains", pada periode Ordovicia-Silur kebanyakan kehidupan berada di lingkungan laut sehingga spesies yang punah mencakup organisme laut.

Lebih dari 60 persen invertebrata laut punah, termasuk dua pertiga brachiopoda dan family brachiopoda.

Kemudian pada akhir Devon, tiga perempat dari spesies di permukaan bumi mengalami kematian, meski itu terjadi dalam serangkaian pemusnahan dalam masa beberapa juta tahun, bukan dalam satu peristiwa tunggal.

Kehidupan di laut dangkal menerima pengaruh paling buruk pada kepunahan ini. Karang laut merupakan bagian yang paling terpukul dan tidak pernah pulih kembali hingga ada jenis karang lainnya setelah lebih dari 100 juta tahun berselang.

Kepunahan terbesar pada masa ini dikenal dengan peristiwa Kallwasser dan kepunahan utama kedua dikenal sebagai Frasnian dan batas Framenian, sekira 374 juta tahun yang lalu.

Meski jejak hilangnya keanekaragaman hayati ini terekam jelas pada akhir Devon, rentang waktu peristiwa kepunahan ini belum diketahui dengan pasti, namun kepunahan tersebut diduga berlangsung selama 500.000 hingga 25 juta tahun.

Kemudian kepunahan massal Permain, disingkat sebagai kepunahan besar (Great Dying) merupakan kepunahan yang terjadi pada sekira 252 juta tahun lalu yang menandai batas antara periode geologi Perm dan Trias atau batas era Paleozonic-Mesozoic.

Topik Menarik