Polres Kuningan Gencar Edukasi Pelajar Lewat Program Polwan Goes to School

Polres Kuningan Gencar Edukasi Pelajar Lewat Program Polwan Goes to School

Terkini | kuningan.inews.id | Kamis, 29 Agustus 2024 - 11:00
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Personel Polwan Polres Kuningan, Polda Jabar, makin gencar melakukan kunjungan dan sosialisasi kepada pelajar sekolah. Hal ini sebagai upaya mencegah kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Para personel menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan, Jabar. Program bertajuk Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas ini, salah satunya mengunjungi SMPN 1 Kuningan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kanit Gakkum Satlantas Polres Kuningan, Iptu Sri Martini, yang didampingi oleh sejumlah personel polwan lainnya. Program Polwan Goes to School ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar, tetapi juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Polwan ke-76.

Dalam kesempatan tersebut, para polwan memberikan sosialisasi tentang berbagai isu penting seperti keamanan berinteraksi di dunia maya, penggunaan media sosial secara bijak, bahaya narkoba, pentingnya tertib berlalu lintas, serta pemahaman mengenai dampak negatif dari kenakalan remaja. Para siswa diajak untuk menjauhi perilaku negatif yang dapat merusak masa depan mereka.

"Kenakalan remaja bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga keluarga dan lingkungan sekitar. Kami berharap para siswa bisa memahami dampak buruk dari kenakalan ini dan menjauhinya. Jadilah generasi yang cerdas, disiplin, dan berprestasi," kata Iptu Sri Martini dalam keterangan persnya, Kamis (29/8).

Lebih lanjut, Iptu Sri Martini juga mengingatkan para pelajar mengenai bahaya dunia maya yang saat ini kerap menjadi tempat terjadinya kejahatan seperti pedofilia online, child grooming, love scam, dan cyber bullying. Menurutnya, remaja merupakan kelompok yang rentan menjadi korban di dunia maya karena mereka masih berada dalam masa pencarian jati diri.

Program Polwan Goes to School dinilai sebagai salah satu langkah penting, dalam meningkatkan edukasi untuk mencegah kenakalan remaja dan membentuk karakter pelajar yang lebih baik. Kegiatan ini tidak hanya bersifat edukatif, tetapi juga menghibur.

Kehadiran sosok Boneka Polisi Besar yang turut menyapa dan menari bersama para pelajar, menambah keseruan acara. Selain itu, para pelajar yang berhasil menjawab pertanyaan dari Polwan diberikan hadiah berupa cokelat dan hadiah lainnya, menambah semangat dan antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan ini.

Dengan adanya program ini, diharapkan para pelajar di Kuningan dapat lebih memahami pentingnya menjaga diri dari pengaruh negatif. Sekaligus berkomitmen untuk menjadi generasi penerus yang unggul dan berprestasi. ***

Topik Menarik