Wali Kota Nagasaki Jepang Banjir Pujian karena Tak Undang Dubes Israel di Peringatan Bom Atom

Wali Kota Nagasaki Jepang Banjir Pujian karena Tak Undang Dubes Israel di Peringatan Bom Atom

Terkini | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 12:01
share

TOKYO, iNews.id - Keputusan Pemerintah Kota Nagasaki, Jepang, tak mengundang Duta Besar Israel dalam peringatan 79 tahun bom atom pada awal Agustus lalu mendapat apresiasi luas. Akibat keputusan itu, para dubes dari negara anggota G7 memboikot peringatan tersebut.

Wali Kota Nagasaki Shiro Suzuki mengungkap telah menerima lebih dari 2.000 telepon, email, dan pesan online yang memuji keputusannya itu. 

Namun Suzuki juga menerima sekitar 1.500 respons dalam bahasa Inggris serta sekitar 1.400 pesan lain yang memprotes keputusannya untuk tak mengundang negara Yahudi tersebut. Namun dia menyebutkan, sebagian besar dari 1.400 email protes memiliki kejanggalan, yakni isinya mirip seperti copy paste.

Meski demikian dia tetap menjadikan protes itu sebagai bahan evaluasi.

"Reaksi tersebut menunjukkan kami gagal membuat mereka paham bahwa keputusan kami tidak politis," kata Suzuki, seperti diberitakan Kyodo.

Pemerintah Nagasaki memperingati serangan bom atom Amerika Serikat pada 9 Agustus lalu. Alasan di balik keputusan itu tak terkait dengan serangan Israel ke Jalur Gaza, melainkan aspek keamanan.

Peringatan peristiwa tragis di pengujung Perang Dunia II ini sangat penting bagi Nagasaki. Pemerintah berharap kotanya menjadi tempat terakhir dalam sejarah yang mengalami serangan bom atom.

Topik Menarik