Bolehkah Pelamar CPNS 2024 Daftar di 2 Instansi Sekaligus? Ini Penjelasannya

Bolehkah Pelamar CPNS 2024 Daftar di 2 Instansi Sekaligus? Ini Penjelasannya

Terkini | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 14:37
share

JAKARTA - Bolehkah pelamar CPNS 2024 daftar di 2 instansi sekaligus? ini penjelasannya.

Pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, banyak pelamar tergiur untuk mendaftarkan diri ke lebih dari satu instansi demi memperbesar peluang lolos seleksi.

Namun, pertanyaan penting muncul Bolehkah Pelamar CPNS 2024 Daftar di 2 Instansi Sekaligus?

Berikut penjelasan lengkap mengenai aturan ini, Kamis (29/8/2024)

Aturan Mendaftar CPNS 2024 di Lebih dari Satu Instansi

Ketentuan terkait pendaftaran lebih dari satu instansi dalam seleksi CPNS 2024 telah diatur secara resmi dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara. Pada pasal 25 ayat (3) hingga (5), dijelaskan sebagai berikut:

1. Satu Jenis Pengadaan ASN: Pelamar hanya boleh melamar pada satu jenis pengadaan ASN, yaitu sebagai PNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dalam satu tahun anggaran yang sama.

2. Satu Instansi dan Satu Jabatan: Pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode tahun anggaran.

3. Konsekuensi Jika Melanggar: Jika pelamar melamar lebih dari satu instansi, satu jenis pengadaan, atau lebih dari satu jabatan, atau menggunakan dua nomor identitas kependudukan yang berbeda, maka pelamar tersebut akan dianggap gugur dan/atau dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Apa Konsekuensinya Jika Melanggar Aturan Ini?

Merujuk aturan tersebut, pelamar CPNS 2024 tidak boleh mendaftar di lebih dari satu instansi. Mereka hanya diperbolehkan memilih satu instansi dengan satu jenis jabatan dalam satu periode tahun anggaran. Jika aturan ini dilanggar, pelamar akan dinyatakan gugur dalam seleksi dan berpotensi menerima sanksi sesuai dengan ketentuan hukum.

Topik Menarik