Partai Buruh Tetap Berharap Anies Bisa Maju Pilgub Jakarta

Partai Buruh Tetap Berharap Anies Bisa Maju Pilgub Jakarta

Terkini | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 15:14
share

JAKARTA, iNews.id - Partai Buruh masih berharap agar Anies Baswedan dapat maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Komunikasi terus dijalin di hari terakhir pendaftara ke KPU.

Ketua Tim Pilkada Partai Buruh Said Salahudin menegaskan partainya bisa saja absen dari kontestasi politik ini jika Anies gagal didorong sebagai calon gubernur.

"Kami bersepakat bulat mufakat bahwa Partai Buruh akan absen dalam Pilkada DKI Jakarta demi memperjuangkan pak Anies Baswedan," kata Said dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Mega Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2024).

Partai Buruh dan Partai Ummat menjadi satu-satunya partai yang belum menentukan sikap secara resmi.

Menurut Said, sikap Partai Buruh untuk tidak terlibat dalam Pilkada Jakarta merupakan bentuk komitmen kuat kepada warga Jakarta yang disebutnya mayoritas menginginkan Anies Baswedan kembali memimpin ibu kota.

"Ini adalah komitmen konsistensi kami kepada rakyat Jakarta," katanya. 

Ia juga menekankan Partai Buruh tidak akan mudah tergoda untuk berubah sikap, dan akan tetap berdiri bersama warga Jakarta demi memastikan proses demokrasi berjalan dengan lancar.

"Kalau partai lain mungkin ada yang berpikir, 'Wah, kalau nggak ikut pilpres, kita susah ini.' Partai Buruh tunjukkan kita nggak ikut pilpres, nggak ikut Pilkada Jakarta, bagaimana nih nego dengan gubernur terpilih untuk naik upah? Nggak peduli kita. Dia nggak mau dengar suara rakyat, kita demo aja," kata Said.

Sejauh ini, dua pasangan calon telah resmi mendaftarkan diri ke KPUD Jakarta. Ridwan Kamil (RK) dan Suswono diusung oleh belasan partai politik, termasuk Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PKS, PKB, PPP, Perindo, Garuda, Gelora, PBB, Prima, PKN, dan PSI. 

Sementara pasangan Pramono Anung-Rano Karno didukung oleh PDI Perjuangan dan Hanura. Pasangan calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana juga berencana mendaftar pada Kamis (29/8) malam.

Topik Menarik