Barat Makin Berani, Belanda Persilakan Ukraina Serang Wilayah Rusia Pakai Jet Tempur F-16

Barat Makin Berani, Belanda Persilakan Ukraina Serang Wilayah Rusia Pakai Jet Tempur F-16

Terkini | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:15
share

AMSTERDAM, iNews.id – Belanda membebaskan Ukraina untuk menggunakan jet tempur F-16 yang dipasok Amsterdam kepada Kiev. Bahkan, pesawat itu juga bisa dipakai untuk menyerang di wilayah Rusia.

“Kami tidak memberlakukan pembatasan apa pun terhadap penggunaan dan jangkauan F-16 (oleh Ukraina), asalkan hukum perang dihormati,” kata Panglima Angkatan Bersenjata Belanda, Onno Eichelsheim, kepada media negeri kincir angin itu, Kamis (29/8/2024).

Dia mengatakan, Amsterdam tidak keberatan jika Kiev menggunakan persenjataan Belanda untuk tujuan ofensif. Eichelsheim pun mengklaim Amerika Serikat telah menyetujui sebagian dari kebijakan Belanda menyangkut hal ini.

“Ukraina dapat menggunakan sumber daya yang kami berikan sesuai dengan kebijakannya sendiri, dengan syarat hukum perang humaniter dipatuhi,” kata Eichelsheim, 

Negara-negara Barat meningkatkan bantuan militer dan keuangan mereka ke Kiev sejak dimulainya agresi militer Rusia di Ukraina pada Februari 2022. Kremlin telah berulang kali memperingatkan agar AS dan para sekutunya tidak melanjutkan pengiriman senjata ke Ukraina.

Rusia mengatakan, tindakan semacam itu hanya menyebabkan eskalasi konflik lebih lanjut. Namun, Barat tetap saja mengirimkan senjata dan bantuan militer lain ke Ukraina. Mereka bahkan kini berani memberikan izin kepada Kiev untuk menyerang wilayah Rusia dengan senjata kiriman mereka tersebut.

Topik Menarik