Hendrik Kawilarang Investasikan Rp5 Triliun untuk Pabrik Pipa Seamless Pertama di Asia Tenggara

Hendrik Kawilarang Investasikan Rp5 Triliun untuk Pabrik Pipa Seamless Pertama di Asia Tenggara

Terkini | banten.inews.id | Kamis, 29 Agustus 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNewsBanten.id- CEO PT Inerco Global International, Hendrik Kawilarang Luntungan, menandatangani kerjasama operasi strategis bersama CEO PT Artas Energi Petrogas (Indonesia Seamless Tube) Jose Antonio Reyes.

Proyek bernilai Rp5 triliun ini digunakan untuk pengoperasian Pabrik Pipa Seamless Pertama di Asia Tenggara di Kompleks Krakatau Steel Industry Cilegon, Banten.

Seperti diketahui, seiring dengan upaya lifting minyak oleh Pemerintah Indonesia, maka dibutuhkan 500 ribu ton pipa baja seamless per tahun.

Semuanya untuk industri Migas di Indonesia, jelas Hendrik Kawilarang.

Saat ini, kata dia, kurang lebih Indonesia telah mengimpor pipa baja per tahun senilai Rp15 triliun. Dengan beroperasinya Pabrik Seamless, berarti ada penghematan devisa negara sebesar Rp15 triliun.

Menurut Hendrik, proyek ini sejalan dengan visi hilirisasi yang dicanangkan Presiden Jokowi, agar Indonesia dapat menjadi negara industri.

Sehingga nilai tambah berputar di dalam negeri. PT Artas Energi Petrogas sendiri memiliki kemampuan produksi sebesar 250 ribu ton per tahun, timpalnya.

Hendrik mengatakan, saat ini Nilai TKDN (tingkat komponen dalam negeri) pabrik tersebut mencapai 43-50. Itu karena bahan baku masih impor.

Nantinya kerjasama ini akan berlanjut dalam pembuatan Steel Maker sendiri dan ke depan Billet itu dapat diproduksi di Indonesia, timpalnya.

Ia menargetkan, nilai TKDN bisa mencampai 95. Sebagai informasi, Hendrik Kawilarang Luntungan merupakan pengusaha pejuang, dan memiliki cita-cita mewujudkan Indonesia mandiri dari bahan baku impor.

Itu terangkum dari karya tulisnya dalam sebuah buku berjudul Pelabuhan Bitung dan Kedaulatan Baja Indonesia

Topik Menarik