Hadapi Tantangan Pemindahan Ibu Kota, Bogor Cari Terobosan Baru Pariwisata Mandiri

Hadapi Tantangan Pemindahan Ibu Kota, Bogor Cari Terobosan Baru Pariwisata Mandiri

Terkini | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 23:39
share

JAKARTA, iNews.id - Sektor pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian Bogor. Namun, tingginya okupansi hotel saat ini lebih banyak didorong oleh kegiatan pemerintah pusat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dalam diskusi bertajuk, Nusantara Maju, dari Daerah untuk Indonesia yang disiarkan iNews.id.

Menurutnya, sektor pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian Bogor. Tingginya okupansi hotel saat ini, kata dia lebih banyak didorong oleh kegiatan pemerintah pusat.

"Jasa pariwisata ini paling dominan. Hotel itu paling mendominasi, cuma memang catatannya yang namanya okupansi hotel ini didominasi kegiatan pemerintah pusat di Kota Bogor," ujar Dedie.

Pemerintah Kota Bogor, lanjut dia sedang berupaya mencari terobosan baru untuk menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata yang lebih organik dan mandiri. Dia menuturkan, Bogor harus mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi, tidak hanya mengandalkan kegiatan pemerintah pusat.

"Bukan hanya ditunjang oleh kegiatan pemerintah pusat, tapi ini tantangan yang utama harus kita capai. Apalagi ada rencana pemindahan ibu kota, bahkan sekarang sudah berlangsung dan ini berproses terus lima,sepuluh, lima belas tahun, ini tantangan," ucapnya.

Topik Menarik