Menaker Ida Fauziyah: Pekerja Migran Indonesia Adalah Pahlawan Devisa

Menaker Ida Fauziyah: Pekerja Migran Indonesia Adalah Pahlawan Devisa

Terkini | tangsel.inews.id | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 06:10
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menegaskan bahwa Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) telah menjadi ekosistem yang menyeluruh dalam memberikan pelindungan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI). Program ini, kata Ida, tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan PMI, tetapi juga memperkuat perlindungan bagi mereka dan keluarganya.

"Jika ekosistem perlindungan pekerja migran sudah terbentuk dengan baik, saya yakin para pekerja migran yang ingin membangun ekonomi keluarga mereka melalui pekerjaan di luar negeri akan lebih terlindungi dan sejahtera," ujar Ida Fauziyah saat Sosialisasi Program Desmigratif di Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Kamis (29/8/2024).

Ida Fauziyah menjelaskan bahwa Desmigratif merupakan sebuah program dengan pilar-pilar yang dirancang untuk memberikan pelayanan dan pelindungan bagi para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Program ini juga membantu meningkatkan kemandirian ekonomi serta kesejahteraan bagi keluarga PMI dan pekerja migran yang sudah kembali ke tanah air.

Dalam kesempatan tersebut, Ida menekankan bahwa pekerja migran adalah "Pahlawan Devisa" yang pantas mendapatkan penghargaan. "Penghormatan terhadap pekerja migran bukan hanya slogan semata. Ini adalah komitmen nyata dari pemerintah untuk memberikan pelindungan yang menyeluruh," ungkapnya.

Selain memaparkan program Desmigratif, Menteri Ketenagakerjaan juga berdialog dengan para pekerja migran purna beserta keluarganya, memberikan dukungan moral, dan mendorong anak-anak mereka untuk tetap semangat dalam meraih pendidikan.

Topik Menarik