Acara Ibadah Misa Bersama Paus Fransiskus, Polisi Siapkan Sejumlah Kantong Parkir

Acara Ibadah Misa Bersama Paus Fransiskus, Polisi Siapkan Sejumlah Kantong Parkir

Terkini | okezone | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 16:55
share

JAKARTA - Kepolisian Daerah Metro Jaya telah mempersiapkan banyak lokasi kantong parkir untuk masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Misa bersama Paus Fransiskus, yang rencananya akan diselenggarakan pada 5 September 2024. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, pada tanggal 5 akan ada dua acara yakni Internasional Sustainability Forum (ISF) dan Misa di GBK. Khusus acara Misa di GBK, diperkirakan akan ada 100 ribu orang beragama katolik mengikuti misa dari seluruh Indonesia. 

Untuk mencegah terjadinya penumpukan, polisi menyediakan sejumlah kantong parkir. Berbagai tempat bakal disediakan agar masyarakat dapat menggunakan sebagai tempat parkir.

"Kantong parkir sudah kita siapkan nanti ada di Smesco, Aldiron, Kemayoran, begitu juga di Kampung Rambutan sampai dengan TMII yang kita siapkan," kata Latif kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (30/8/2024). 

 

Selain menyediakan parkir, polisi juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan GBK karena akan dilakukan rekayasa khusus.

"Kami juga menginformasikan kepada masyarkaat di mana kegiatan Paus agar yang tidak berkepentingan tidak menuju lokasi tersebut untuk menghindari kepadatan," jelasnya. 

Sebelumnya, dia mengatakan seluruh jalan yang akan dilintasi Paus akan ditutup sementara. Kemudian, setelah rombongan Paus Fransiskus lewat jalan akan kembali dibuka normal. 

"Kita akan lihat kegiatan ini, jalur-jalur yang akan dilewati akan kita telusuri terlebih dahulu bebas dari hambatan, dan bebas dari segala hal yang tidak kita inginkan," jelasnya. 

Lebih detail dia menjelaskan, beberapa jalur yang akan ditutup mulai dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Kedutaan Besar Vatikan. Kemudian, penutupan jalan juga akan dilakukan ketika perjalanan dari Kedubes Vatikan menuju Istana Presiden. 

 

Penutupan juga akan dilakukan ketika Paus Fransiskus bertolak dari Dubes Vatikan menuju kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK). 

"Penutupan jalan beberapa ruas jalan yang akan dilewati seperti dari Bandara menuju Dubes Vatikan berarti jalur yang akan dilewati akan ditutup sementara. Dan kita alihkan ke tempat lain," jelasnya. 

"Khusus tanggal 5 sekitar GBK ini kita perlakukan khusus, karena pengunjung itu ada sekitar 100 ribu pengunjung daripada Umat Katolik yang akan ikut misa bersama Paus," pungkasnya.

Topik Menarik