Demo Antipemerintah Netanyahu di Israel Rusuh, Massa Blokir Jalan Raya Pusat Kota Tel Aviv

Demo Antipemerintah Netanyahu di Israel Rusuh, Massa Blokir Jalan Raya Pusat Kota Tel Aviv

Terkini | inews | Minggu, 1 September 2024 - 06:24
share

TEL AVIV, iNews.id - Unjuk rasa antipemerintah di Israel yang menuntut pembebasan tawanan di Jalur Gaza terus berlanjut. Setelah menggelar aksi protes rutin di Tel Aviv, puluhan pendemo mulai melakukan kerusuhan dan memblokir jalan raya pusat kota itu.

Seorang koresponden Sputnik melaporkan, massa demonstran melakukan demonstrasi di pusat kota Tel Aviv, Sabtu (31/8/2024). Mereka menuntut kesepakatan gencatan senjata segera di Jalur Gaza dengan imbalan pembebasan tawanan Israel. 

Unjuk rasa tersebut pada awalnya berlangsung tertib, karena pelaksanaan dikoordinasikan dengan polisi. Namun setelah unjuk rasa berakhir, puluhan pendemo mulai memblokir jalan-jalan di dekatnya. 

Mereka juga terlibat perkelahian dengan polisi dan membuang sampah di jalan. Sekelompok kecil aktivis berhasil memblokir jalan raya di pusat Tel Aviv, Jalan Raya Ayalon.

Pasukan polisi Israel dengan cepat tiba di tempat kejadian dan mencoba mendorong para pendemo keluar dari jalan raya. Hingga berita ini ditulis, polisi belum menahan satu pun tersangka perusuh. 

Menurut data Israel, sebanyak 107 tawanan masih ditahan oleh para pejuang Hamas. Sekitar 40 orang di antaranya diduga tewas. 

Selama berbagai operasi dan upaya kemanusiaan, 148 tawanan telah dipulangkan Gaza, termasuk para sandera yang tewas dan jasadnya dipindahkan dari daerah kantong Palestina tersebut.

Topik Menarik