Elon Musk Sebut AS Menuju Kebangkrutan

Elon Musk Sebut AS Menuju Kebangkrutan

Terkini | okezone | Senin, 2 September 2024 - 11:32
share

JAKARTA - Orang terkaya di dunia Elon Musk menyebut Amerika Serikat (AS) berada di jalur cepat menuju kebangkrutan karena pengeluaran pemerintah yang berlebihan

"AS di jalur cepat menuju kebangkrutan karena pemerintah di Washington menghabiskan terlalu banyak uang," kata CEO Tesla dan SpaceX tersebut dilansir Russia Today, Jakarta, Senin (2/9/2024).

Elon Musk membagikan sebuah unggahan di platform X miliknya oleh pengguna lain yang mengutip sebuah prakiraan dari anggaran pemerintah AS untuk tahun fiskal 2025 yang menyebutkan bahwa defisit anggaran dapat meningkat dari USD1,8 miliar saat ini menjadi hampir USD16,3 miliar pada tahun 2035.

"Dengan tingkat pengeluaran pemerintah saat ini, Amerika berada di jalur cepat menuju kebangkrutan," tulis Musk pada hari Kamis.

Miliarder teknologi itu juga menyatakan bahwa pengeluaran pemerintah yang berlebihan adalah penyebab inflasi di negara tersebut.

Tingkat inflasi tahunan AS turun di bawah 3 pada bulan Juli untuk pertama kalinya sejak 2021, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja, yang dikeluarkan dua minggu lalu.

Harga barang dan jasa naik sebesar 2,9, sementara inflasi inti, yang tidak termasuk industri makanan dan energi, naik sebesar 3,2 selama 12 bulan sebelumnya.

Pada akhir Juli, Departemen Keuangan AS mengumumkan bahwa utang nasional negara tersebut melampaui USD35 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah, meningkat USD1 triliun sejak Januari.

Topik Menarik