Viral SUV Nyalip Lewat Bahu Jalan Berujung Kecelakaan

Viral SUV Nyalip Lewat Bahu Jalan Berujung Kecelakaan

Terkini | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 13:58
share

JAKARTA - Viral di media sosial (medsos) sebuah video menampilkan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) mengalami kecelakaan mengerikan saat menyalip dari bahu jalan. Mobil tersebut sampai terguling karena kehilangan kendali saat melaju dalam kecepatan tinggi di bahu jalan.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif yang memperlihatkan dua mobil SUV beradu kecepatan. Saat mobil di belakangnya ingin menyalip melalui bahu jalan, pengemudi tidak memiliki ruang yang cukup dan dua ban di sisi kiri melintas di rumput sehingga tak memiliki daya cengkeram yang baik.

"Terpantau mobil SUV Merah Escudo ingin menyalip mobil listrik hitam di depannya, tetapi tidak diberi jalan berakhir kecelakaan," bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Dikabarkan, pengemudi Suzuki Escudo berwarna merah yang mengalami kecelakaan itu dikendarai oleh seorang wanita. Bahkan, wanita tersebut pernah mengalami kecelakaan serupa di masa lalu karena perilaku berkendaranya yang ceroboh.

Di Indonesia, larangan penggunaan bahu jalan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Jika melanggar terancam hukuman pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, masih banyak pengguna jalan yang belum tahu kegunaan bahu jalan. Menggunakan bahu jalan dalam kecepatan tinggi juga berbahaya karena kondisi permukaan jalan yang tidak rata dan kotor.

 

“Dalam kondisi darurat itu digunakan oleh patroli, kemudian ambulan. Hanya petugas, dalam arti memang yang berkepentingan untuk mendapatkan prioritas. Kita boleh pakai bahu jalan, tapi hanya sebentar untuk berhenti meregangkan otot-otot,” kata Sony kepada Okezone. 

Netizen yang melihat video tersebut dibuat geram dengan perilaku pengemudi karena membahayakan pengguna jalan lainnya. Bahkan, ini sudah menjadi kecelakaan kedua yang seharusnya izin mengemudi atau SIM-nya dicabut.

"Ban d buat khusus jalan aspal bukan rumput... Klo nyelip kiri klo masih aspal okelah... Walau d larang nyelip jalur kiri," tulis @ari***.

"Cabut SIM nya.. membahayakan pengguna jalan lain," ujar @doc***.

"Pelajaran nya, sim nya harusnya di cabut di kejadian pertama, tidak layak mengendarai mobil, mungkin cocok nya bawa sepeda roda tiga," kata @sur***.
 

Topik Menarik