Nama Dandim Depok Dicatut Kasus Penipuan, Polisi: Nomor HP Sudah Dilacak

Nama Dandim Depok Dicatut Kasus Penipuan, Polisi: Nomor HP Sudah Dilacak

Terkini | inews | Rabu, 4 September 2024 - 16:02
share

DEPOK, iNews.id - Polres Depok sudah menerima laporan dari Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok, Kolonel (Inf) Iman Widhiarto terkait kasus order fiktif kue pisah sambut serah terima jabatan (Sertijab) yang ditunjukan ke Markas Kodim Depok oleh oknum TNI gadungan. Kerugian mencapai Rp4 juta.

Kapolres Metro Depok Kombes Pol Arya Perdana menyebut kasus itu tengah diselidiki dan berupaya untuk melakukan pelacakan nomor HP terduga pelaku yang mengaku sebagai Serda Vega Wibowo.

"Kita menerima laporan dari Pak Dandim kemarin tiba-tiba ada kue pisah sambut serah terima jabatan satu atas nama Pak Dandim satu atas nama Pak Dandim yang lama," kata Arya di Mapolres Depok, Rabu (4/9/2024).

Arya memastikan masih mendalami dugaan kasus penipuan itu.

"Ada upaya jual kue dulu nanti ada jualan lainnya lagi kalau tambah minuman ginseng kita masih dalami penyelidikan ke arah sana," katanya.

Arya masih menyelidiki terkait jumlah terduga pelaku tindak pidana penipuan itu. Ia tak menutup kemungkinan lebih dari satu pelaku.

"Masih kita selidiki karena kan kalau nomor HP ada satu yang aktif kemungkinan pelaku lebih dari satu pasti ada," ujarnya.

Arya mengimbau kepada pelaku UMKM agar lebih hati-hati sebelum menerima uang tidak mengirimkan barang dagangannya.

"Kalau seperti toko kue kalau dipesan harus ada konfirmasi dulu kalau bisa terima uang dulu baru dikirimkan. Atau di-DP dulu maupun dilunasi dulu," katanya.

Dandim 0508/Depok Kolonel (Inf) Iman Widhiarto sebelumnya menyayangkan insiden order fiktif yang motifnya iseng. Ia akan mencari pelaku oknum TNI gadungan yang memesan kue ulang tahun itu.

"Saya sangat menyayangkan, mengapa ada orang yang iseng dan tega menipu sehingga merugikan orang lain," kata Iman saat dikonfirmasi, Rabu (4/9/2024).

Topik Menarik