Kodim Depok Dikirimi Order Fiktif Kue Pisah Sambut, Polisi Buru Pelaku

Kodim Depok Dikirimi Order Fiktif Kue Pisah Sambut, Polisi Buru Pelaku

Terkini | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 16:10
share

DEPOK - Kapolres Metro Depok Kombes Pol Arya Perdana mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok, Kolonel (Inf) Iman Widhiarto terkait kasus order fiktif kue pisah sambut serah terima jabatan (sertijab). Kue tersebut ditunjukan ke Markas Kodim Depok olehprajurit TNI gadungan.

Menurutnya, saat ini penyidik berupaya untuk melakukan pelacakan nomor handphone terduga pelaku yang mengaku sebagai Serda Vega Wibowo. "Kita menerima laporan dari Pak Dandim kemarin tiba-tiba ada kue pisah sambut serah terima jabatan satu atas nama Pak Dandim satu atas nama Pak Dandim yang lama. Ada dua kue kalau bikin tuh harganya cukup besar ya jutaan gitu dikirim ke sana," kata Arya kepada wartawan di Mapolres Depok, Rabu (4/9/2024).

"Dari Kodim enggak pernah pesan kuenya itu sehingga kita curiga ada yang melakukan upaya penipuan terhadap korban yang memiliki toko kue ini," imbuhnya.

Penyidik tengah melacak siapa orang yang memesan kue tersebut. Pasalnya, ada upaya lainnya yakni mau menjual minuman gingseng ke Kodim Depok. Polisi juga menyelidiki terkait jumlah terduga pelaku tindak pidana penipuan itu. Arya tak menutup kemungkinan pelaku lebih dari satu orang.

"Masih kita selidiki karena kan kalau nomor HP ada satu yang aktif kemungkinan pelaku lebih dari satu pasti ada. Ya pembayarannya belakangan kan yang penting kuenya datang dulu baru pembayarannya. Di situ ada kecenderungan kalau pesan yang lain ditambah lagi," ujarnya.

Arya mengimbau kepada pelaku UMKM agar lebih hati-hati sebelum menerima uang tidak mengirimkan barang dagangannya. "Kalau seperti toko kue kalau dipesan harus ada konfirmasi dulu kalau bisa terima uang dulu baru dikirimkan. Atau di DP dulu maupun dilunasi dulu," ungkapnya.

Topik Menarik