Dongkrak Potensi Daerah, Airin-Ade Bakal Bangun Jalan Poros Desa di Banten Selatan

Dongkrak Potensi Daerah, Airin-Ade Bakal Bangun Jalan Poros Desa di Banten Selatan

Terkini | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 21:48
share

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany dan Calon Wakil Gubernur Ade Sumardi akan mendorong pembangunan jalan poros desa guna meningkatkan ekonomi masyarakat selatan Banten. Sebab, kawasan tersebut memiliki sumber daya alam yang sangat potensial.

Kawasan tersebut misalnya ada di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Dengan potensi yang ada, tentunya bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

"Alhamdulillah. Dari hasil kunjungan saya di banyak desa Pandeglang, Lebak. Saya melihat ragam potensi ekonomi, budaya, sumber daya alam yang memungkinkan untuk dikembangkan. Saya yakin akan berdampak positif bagi masyarakat di sana," ujar Airin dalam keterangannya, Rabu (4/9/2024).

Airin melihat potensi sumber daya alam dan budaya yang ada di Lebak dan Pandeglang bisa menjadi magnet di sektor pariwisata. Namun diakuinya, salah satu yang menghambat adalah infrastruktur yang kurang memadai. Ia pun menegaskan, bahwa poros jalan desa harus menjadi prioritas pembangunan Banten ke depan. 

Data yang dikantonginya, ada kondisi jalan mantap Kabupaten Pandeglang sekitar 68,51 persen dan Lebak 70,35 persen. Untuk kondisi jalan mantap kewenangan Provinsi Banten hampir tuntas 91,45 persen. Ia perkirakan butuh anggaran Rp200 miliar untuk memperbaiki jalan poros desa. 

“Perlu kebersamaan untuk memperbaiki persoalan jalan di daerah Kabupaten Lebak dan Pandeglang, terutama jalan poros desa,” katannya.

Program pemerataan infrastruktur dan wajah baru Banten (Pijar) Banten, kata Airin, diharapkan meningkatkan jalan hingga jalur poros desa. Ditambah dengan adanya konektivitas transportasi berbasi jalan, rel, pelabuhan, dan bandara yang merata. 

 “Kami berharap  gagasan  dan misi Kami yakni Pembangunan Infrastruktur Jalan, Poros Desa khususnya di wilayah Selama Banten dapat  dilakukan," katanya.

 

Sejumlah objek wisata di Banten bagian selatan telah dikunjungi Airin, seperti Pantai Pulau Manuk hingga Sawara. Ia juga pernah menyambangi indahnya Pantai Tanjung Lesung dan Carita, sehingga paham betul mengenai potensi yang ada di kawasan tersebut.

Menurut Pengamat ekonomi Banten Deni Sunaryo, pada kontestasi Pilkada 2024, calon gubernur Banten fokus pada beberapa area strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya, infrastruktur dan transportasi.

"Pertama Infrastruktur, transportasi dan aksesibilitas Banten bagian selatan memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata, terutama di daerah pesisir dan wisata alam,” katanya.

Aksesibilitas di Banten, menurutnya masih menjadi persoalan yang perlu diatasi. Misalnya jalan, jembatan, dan sarana transportasi yang menghubungkan wilayah pedalaman dengan pusat kota perlu ditingkatkan guna mendorong potensi ekonomi dan pariwisata.

“Kedua Pengembangan Pariwisata wilayah selatan Banten terkenal dengan destinasi pantai seperti Pantai Sawarna dan Tanjung Lesung, serta potensi wisata alam lainnya,” katanya.

Selain itu, promosi, dan memperkuat infrastruktur penunjang pariwisata juga perlu mendapatkan perhatian. Sektor lain yang juga tak boleh luput adalah sektor perikanan,pertanian, pendidikan dan kesehatan untuk semua, pemanfaatan energi terbarukan. Kemudian, juga pemberdayaan ekonomi lokal masyarakat setempat.

"Siapa pun calon gubernur, yang pasti Pemprov Banten sebaiknya terlibat dalam membantu pembangunan jalan poros desa, terutama di wilayah Banten bagian selatan seperti Lebak dan Pandeglang,” pungkasnya.
 

Topik Menarik