Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Hari Ini, Muntahkan Abu Vulkanis Disertai Lava Pijar

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Hari Ini, Muntahkan Abu Vulkanis Disertai Lava Pijar

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 11:18
share

FLORES TIMUR, iNews.id - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi, Kamis (5/9/2024) pagi. Letusan ini memuntahkan abu vulkanis setinggi 800 meter disertai lava pijar.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki Herman Yosef S Mboro melaporkan, letusan tercatat sebanyak 1 kali pada periode pukul 00.00-06.00 WITA.

"Teramati asap kawah utama berwarna kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 800 meter dari puncak," ujar Mboro, Kamis (5/9/2024).

Menurutnya gunung api aktif berketinggian 1.584 mdpl ini secara visual terlihat jelas tak berkabut. Teramati asap kawah berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat Llaut.Terekam di seismogram, letusan beramplitudo 22 mm dalam durasi 2 menit 58 detik.

"Terjadi sekali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 22 mm dan lama gempa 177 detik," katanya.

Tercatat pula sekali gempa embusan dengan amplitudo 2,2 mm dalam durasi 27 detik. Kemudian sekali gempa harmonik dengan amplitudo 2,9 mm, durasi 1 menit 29 detik.

Mboro juga mencatat adanya gempa vulkanis dangkal, vulkanik dalam dan tektonik jauh. Gempa vulkanis dangkal empat kali beramplitudo maksimum 7,4 mm dalam durasi paling lama 10 detik.

"Terjadi tiga kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo 4,4-7,4 mm, S-P 1-1,7 detik dan lama gempa 12-15 detik," kata Mboro.

Saat ini status vulkanis Gunung Lewotobi Laki-laki berada di Level III Siaga sebagaimana ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).PVMBG meminta warga untuk tidak memasuki atau beraktivitas apa pun dalam radius 3 km dari pusat erupsi serta 4 km sektoral utara-timur laut dan 5 km ke sektor timur laut.

Topik Menarik