Produk Sampingan Baja Diolah Jadi Penyubur Tanaman

Produk Sampingan Baja Diolah Jadi Penyubur Tanaman

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 14:36
share

JAKARTA Produk sampingan baja atau slag diolah menjadi bahan penyubur tanaman . Untuk mengoptimalkan slag baja, Krakatau Posco menjalin kerjasama dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian.

Krakatau Posco meneken nota Kesepahaman (MoU) dengan tujuan untuk pengembangan metode recycling slag (terak) baja untuk mendukung pertanian ramah lingkungan di Indonesia.

Kerjasama ini sejalan dengan komitmen Krakatau Posco untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dari proses produksinya. MoU ini menandai langkah nyata perusahaan dalam memanfaatkan sisa produksi berupa slag baja menjadi produk yang bermanfaat bagi sektor pertanian.

Saya optimis akan keberhasilan kerja sama ini. Karenanya, perlu dukungan dan komitmen dari semua pihak baik sektor pemerintah maupun swasta untuk mendukung pertanian ramah lingkungan. Semoga kerjasama ini dapat membawa kebaikan yang lebih besar bagi pertanian Indonesia, ungkap Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian, Kementerian Pertanian Fadjry Djufry, Kamis (5/9/2024).

Kerjasama ini meliputi pengkajian pemanfaatan slag baja yang dimiliki oleh Krakatau Posco yang kaya akan kandungan silika dan berpotensi sebagai pembenah tanah ataupun sumber bahan baku pupuk silika. Pemanfaatan slag baja untuk bidang pertanian contohnya pupuk telah diimplementasikan oleh beberapa negara di antaranya Korea Selatan dan Jepang.

Selanjutnya akan dilakukan penyusunan dan perumusan standar mutu slag baja untuk bidang pertanian sebagai komponen draft dan mendukung formulasi slag baja Krakatau Posco dengan bahan bermanfaat lainnya serta pengembangan formula pupuk dan atau pembenah tanah terpilih yang akan digunakan di bidang pertanian.

Topik Menarik