Lindungi Ekosistem, Dinas PPLH Kota Sorong Tebar 210 Bibit Manggrove Bagi Masyarakat Pesisir

Lindungi Ekosistem, Dinas PPLH Kota Sorong Tebar 210 Bibit Manggrove Bagi Masyarakat Pesisir

Terkini | sorongraya.inews.id | Kamis, 5 September 2024 - 20:20
share

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong mendistribusikan 210 bibit mangrove kepada masyarakat pesisir di Pantai Tasik Tiberias Tampa Garam pada Kamis, (5/9/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi ekosistem pesisir dan mencegah pengikisan pantai. Penyerahan bibit mangrove dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sorong, Bernhard E. Rondonuwu, yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman oleh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bernhard mengajak seluruh masyarakat Kota Sorong untuk menjaga kelestarian lingkungan agar alam tetap terjaga. Ia menekankan bahwa menjaga lingkungan akan berdampak positif bagi manusia itu sendiri. Bernhard juga berharap agar wilayah pesisir Sorong bisa menjadi area wisata yang bersih, indah, dan nyaman, yang akan menarik lebih banyak wisatawan ke kota tersebut.


Pj Wali Kota Sorong Bernhard E Rondonuwu (FOTO : iNewsSorong.id - MEWA)

 

Untuk mewujudkan kebiasaan menjaga kebersihan, Bernhard telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, guna mengedukasi generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Ia menekankan pentingnya membangun kesadaran lingkungan sejak usia dini agar nantinya menjadi budaya di masyarakat Kota Sorong, termasuk dalam hal tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, Kepala Dinas PPLH Kota Sorong, Amos Karet, menjelaskan bahwa penanaman mangrove ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi rumah-rumah masyarakat pesisir yang sudah sangat dekat dengan pantai. Mangrove berfungsi sebagai pelindung alami yang dapat mencegah abrasi dan sekaligus menjaga ekosistem pesisir.

Penanaman mangrove ini melibatkan dua kelurahan, yaitu Rufei dan Tampa Garam, serta melibatkan komunitas lingkungan setempat bersama warga jemaat GKI Tasik Tiberias.\


Kepala Dinas PPLH Kota Sorong, Amos Karet (FOTO : iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

Program ini juga merupakan bagian dari proyek perubahan yang dijalankan oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas PPLH Kota Sorong yang saat ini sedang mengikuti Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan Ke VII. Upaya ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga ekosistem mangrove dan memperkuat perlindungan pesisir dari kerusakan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Topik Menarik