AS Hargai Kepala Orang Ini Rp15,4 Miliar, Mau Bantu Tangkap?

AS Hargai Kepala Orang Ini Rp15,4 Miliar, Mau Bantu Tangkap?

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 21:55
share

WASHINGTON DC, iNews.id Amerika Serikat menawarkan hadiah hingga 1 juta dolar AS (Rp15,4 miliar) bagi siapa pun yang memiliki informasi yang dapat membantu penangkapan Tim Stigal. Departemen Luar Negeri menyatakan, pria pemegang paspor Rusia itu dicurigai terlibat dalam kejahatan terorganisasi transnasional.

Pada Juni lalu, juri agung federal di Negara Bagian Maryland, AS, mendakwa putra Tim Stigal, Amin, karena diduga berkonspirasi untuk meretas dan menghancurkan sistem komputer Ukraina dan sekutunya.

Departemen Luar Negeri mengumumkan tawaran hadiah di bawah Program Hadiah Kejahatan Terorganisasi Transnasional hingga 1 juta dolar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan dan/atau penghukuman di negara mana pun terhadap Tim Vakhaevich Stigal karena berpartisipasi dalam, berkonspirasi untuk berpartisipasi dalam, atau mencoba berpartisipasi dalam kejahatan terorganisasi transnasional, bunyi pernyataan Deplu AS, Kamis (5/9/2024).

Pihak berwenang AS menuduh Stigal terlibat dalam sejumlah intrusi komputer signifikan yang menyasar bisnis-bisnis AS, mengatur pencurian data kartu pembayaran, dan memonetisasi data ini untuk keuntungan finansial pribadi.

Pada Januari, Departemen Kehakiman AS mendakwa hacker Rusia itu dengan tuduhan berpartisipasi dalam empat konspirasi terpisah untuk memperdagangkan informasi kartu pembayaran curian milik pelanggan dari sedikitnya tiga korban perusahaan berbeda di Amerika Serikat antara April 2014 dan Maret 2016.

Stigal didakwa dengan empat tuduhan konspirasi penipuan lewat kawat, 12 tuduhan penipuan lewat kawat, satu tuduhan pemerasan penipuan komputer, tiga tuduhan penipuan perangkat akses, dan tiga tuduhan pencurian identitas yang diperburuk, kata Deplu AS lagi.

Dinas Rahasia AS telah menambahkan Stigal ke halaman Buron Paling Dicari publik.

Topik Menarik