Gunakan Algoritma, Gree Kembangkan Teknologi Kecerdasan Buatan pada AC

Gunakan Algoritma, Gree Kembangkan Teknologi Kecerdasan Buatan pada AC

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 06:21
share

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan teknologi semakin pesat. Ini terutama terlihat pada produk elektronik. Tuntutannya tidak hanya mudah dioperasikan, tapi harus efisien, aman bagi kesehatan pengguna dan ramah lingkungan.

Tak mau ketinggalan, pabrikan elektronik Gree terus mengembangkan teknologi pada berbagai produknya. Salah satunya mengembangkan Air Conditioner (AC) dengan membenamkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), AI Series 80.

"Gree berkomitmen terus mengembangkan produk home appliances yang efisien dan ramah lingkungan dengan teknologi terbaru. Termasuk menghadirkan produk pendingin udara berteknologi tinggi," ujar CEO Gree Indonesia, Ethan Wu dalam keterangan persnya, Kamis (5/9/2024).

Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 merupakan AC inverter terbaru yang dilengkapi chip AI. AC ini hanya dapat mengontrol mode operasi AC berdasarkan kondisi penggunaan dengan algoritma cerdas G-learning, sehingga dapat menghemat energi hingga 20 persen dibandingkan AC inverter biasa.

Ethan Wu menjelaskan Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 juga sudah menggunakan teknologi kompresor Inverter G-BOOST dan memiliki hak paten. Ini membuat Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 memiliki kemampuan pendinginan super cepat yang dapat mencapai suhu keluaran udara 8 derajat Celcius hanya dalam waktu 1 menit.

Adanya Chip AI, Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 juga dilengkapi fitur koneksi Wifi Bluetooth yang lebih efisien dan dapat meningkatkan kemudahan pengguna dalam melakukan koneksi dibandingkan modul Wifi tradisional.

Di samping itu, Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 terdapat fitur control suara cerdas dan kompatibel dengan speaker suara cerdas. Ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol AC hanya dengan menggunakan suara tanpa harus menggunakan remote.

Selain Chip AI, pada Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 ini terdapat sistem ventilasi udara segar. Di mana sistem ini memungkinkan pertukaran udara dalam dan luar ruangan, dengan filter HEPA untuk menyaring udara luar. Sistem seperti ini umumnya dipasang pada AC central di fasilitas mewah seperti rumah sakit dan gedung perkantoran.

Gree Air Conditioner Airy AI Series 80 telah memiliki sistem UVC lampu ultraviolet dan plasma dingin ganda untuk pembunuhan bakteri dan virus. Sistem UVC lampu ultraviolet dapat langsung membunuh lebih dari 90 persen virus dan 97 persen bakteri yang melekat di dalam unit AC.

Generator plasma dingin menghasilkan ion dingin untuk membersihkan bakteri yang melekat pada peralatan rumah tangga, dengan tingkat efektivitas mencapai 99,9 persen. Selain itu, ion dingin juga dapat langsung membersihkan karbon monoksida dalam udara (senyawa berbahaya yang dihasilkan setelah merokok) dan menghilangkan bau lainnya.

Diketahui, selain teknologi pada AC mereka juga mengembangkan inovasi pada mesin penjernih air, Gree 10 in 1 Water Purification System dan Gree Air Conditioner Airy Series AI 80. Tak berhenti di situ Gree juga mengembangkan air cooler GTA-ACOOL6 dan Gree Air Circulation Fan 75 dengan teknologi terbarunya.

Topik Menarik