Starliner Keluarkan Suara Aneh, Begini Komentar Mantan Astronot

Starliner Keluarkan Suara Aneh, Begini Komentar Mantan Astronot

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 11:00
share

JAKARTA, iNews.id - Pesawat luar angkasa Starliner Boeing mengeluarkan suara-suara aneh. NASA kini mengonfirmasi suara itu hasil feedback dari speaker. 

Butch Wilmore, salah satu dari dua astronot yang terjebak di International Space Station (ISS) merekam kapsul mengeluarkan bunyi ping aneh. Mengingatkan pada radar kapal selam. 

NASA kini telah mengonfirmasi suara itu hasil feedback dari speaker. Namun, banyak penggemar luar angkasa yang khawatir, termasuk mantan astronaut Chris Hadfield yang merasa terganggu dengan masalah ini. 

Dalam postingan di X, Hadfield yang merupakan komandan ISS pada 2013 menuliskan ada beberapa suara yang tak ingin didengarkan. Ini termasuk suara yang dibuat Starliner. 

"Ada beberapa suara yang tidak ingin saya dengar di dalam pesawat antariksa saya, termasuk yang sekarang dibuat Starliner," kata sang astronot sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Jumat (6/9/2024)

Pada Sabtu pagi, Wilmore menghubungi Mission Control di Johnson Space Centre lewat radio untuk menanyakan mengapa kini ada suara-suara aneh yang keluar dari speaker Starliner.

"Saya punya pertanyaan tentang Starliner, ada suara aneh yang keluar dari pengeras suara ... Saya tidak tahu apa penyebabnya," kata Wilmore dalam rekaman yang awalnya direkam anggota forum  NASA Space Flight forums.

Setelah beberapa menit, Mission Control menghubungi kembali lewat radio untuk mengonfirmasi mereka kini menelepon lewat 'hardline' dan dapat mendengarkan audio di dalam pesawat antariksa.

Saat Wilmore mengangkat mikrofon ke speaker, suara dentang ritmis aneh dapat terdengar dengan jelas. "Butch, itu berhasil. Bunyinya seperti denyutan, hampir seperti sonar," jawab Mission Control.

Topik Menarik