Ketum PITI: Indonesia Negeri Toleransi yang Memukau Paus Fransiskus

Ketum PITI: Indonesia Negeri Toleransi yang Memukau Paus Fransiskus

Terkini | tangsel.inews.id | Jum'at, 6 September 2024 - 11:40
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia telah menunjukkan keindahan toleransi antarumat beragama di Tanah Air .

Ketua Umum PITI, Dr. H. Serian Wijatno, yang turut menyambut Paus di Masjid Istiqlal, mengungkapkan bahwa sambutan hangat dari masyarakat Indonesia membuat Paus merasa sangat terkesan.

Serian meyakini bahwa kunjungan ini akan menjadi momentum penting dalam memperkuat semangat toleransi dan persatuan di Indonesia.

Serian Wijatno meyakini Paus Fransiskus  terkesan dengan kunjungannya ke  Indonesia karena disambut dengan kehangatan dan toleransi yang diperlihatkan warga bangsa ini. 

Hal itu pun ia rasakan saat bersama Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar dan sejumlah tokoh dan pimpinan ormas Islam  bertemu dengan Paus Fransiskus ketika bertandang ke Masjid Istiqlal.

"Kehadiran saya bersama sejumlah tokoh agama saat menerima kunjungan Paus Fransiskus di  Masjid Istiqlal adalah bentuk toleransi yang sejati. Dimana dalam kesempatan itu kami merasakan  kebanggaan dan kebahagiaan atas kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dari raut wajahnya terpancar kebahagiaan karena kita menyambutnya dengan penuh keakraban dan kasih sayang," ujar Serian menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Jumat (6/9).

 

Hal itu, kata Serian, sesuai dengan pesan mendalam yang disampaikan Paus Fransiskus dan Presiden Jokowi saat bertemu di Istana Negara tentang pentingnya toleransi, keberagaman, dan perdamaian dunia.

"Kedua pemimpin itu menekankan perlunya menjadikan perbedaan sebagai kekuatan dalam memperkuat persatuan, serta pentingnya menyuarakan perdamaian di tengah meningkatnya konflik global," ucap Serian yang juga Bendahara Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

Menurut Serian, toleransi yang begitu indah telah ditunjukkan tidak hanya di Jakarta tapi juga di seluruh daerah di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pujian dan kebanggaan atas kehadiran pimpinan Tahta Suci Vatikan itu yang diposting di hampir semua platform  media sosial.

Serian yang juga Wakil Ketua Umum Perkumpulan Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) ini berharap semoga kunjungan Paus Fransiskus ini menjadi momentum dalam terus menjaga dan merawat toleransi antarumat beragama di negeri ini.

"Seperti disampaikan Paus Fransiskus, dalam sambutannya di Istana bersama Presiden Jokowi dimana beliau menyatakan kekagumannya terhadap Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga persatuan dalam keberagaman. Ia memuji semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mencerminkan bagaimana perbedaan-perbedaan di Indonesia tidak menjadi pemecah belah, melainkan kekuatan yang menyatukan," ujar dia.

 

Topik Menarik