6 Fenomena Menjelang Kematian Seseorang, Nomor 3 Paling Sering Terjadi

6 Fenomena Menjelang Kematian Seseorang, Nomor 3 Paling Sering Terjadi

Terkini | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 12:00
share

KEMATIAN memang sulit dibicarakan, apalagi jika menyaksikan orang yang kita cintai sedang bertarung melawan maut. Namun, seorang perawat paliatif berpengalaman, Julie McFadden mengatakan ada beberapa fenomena yang sering terjadi sebelum seseorang meninggal. Fenomena tersebut bisa memberi tanda-tanda akhir kehidupan.

Fenomena-fenomena ini tak selalu terjadi pada semua orang, namun cukup umum sehingga bisa dikenali oleh keluarga yang mendampingi. Merangkum dari Metro.co Jumat (6/9/2024), berikut enam tanda-tanda khususnya.

1. Kejernihan Terminal

Seseorang dengan keadaan sangat lemah dan sakit secara tiba-tiba mendapatkan sebuah energi, yang memungkinkan mereka terlihat sudah sehat kembali. Kondisi ini adalah kejadian yang disebut kejernihan terminal. Namun, kenyataannya keadaan ini berjalan dalam waktu yang singkat, membuat keluarga berfikir bahwa orang tersebut telah membaik, padahal justru sebaliknya.

2. Penglihatan Menjelang Kematian

Kondisi ini adalah fenomena yang paling sering dimana, seseorang akan mengaku bertemu keluarga atau bahkan temannya yang sudah meninggal. Hal ini sering di anggap sebagai tanda bahwa mereka akan segera 'dijemput'. Penglihatan ini biasa terjadi beberapa hari sebelum kematian, dan menariknya penglihatan ini hampir selalu menenangkan bagi orang yang mengalaminya

3. Memilih Waktu untuk Meninggal

Beberapa orang tampaknya memiliki kendali tertentu atas kapan mereka akan meninggal. Mereka bisa merasa kapan waktunya akan tiba, atau menunggu momen-momen penting, seperti ulang tahun, pernikahan, atau kedatangan anggota keluarga sebelum akhirnya meninggal.

Fenomena ini sangat sering dilihat Julie dalam pekerjaannya, di mana pasien menunjukkan keinginan untuk menunda kematian sampai momen tertentu tiba.

4. Jangkauan Kematian

Fenomena ini terjadi ketika seseorang mengulurkan tangan ke udara seakan-akan meraih sesuatu yang tak terlihat. Orang tersebut bisa terlihat seperti mencoba merangkul atau menjabat tangan seseorang yang tidak ada di sana. Ini sering kali berlangsung selama beberapa waktu dan biasanya terjadi di fase-fase akhir kehidupan.

5. Tatapan Kematian

Tatapan kematian adalah momen ketika seseorang menatap ke satu arah di ruangan dengan pandangan yang kosong, seperti sedang fokus pada sesuatu yang tak bisa dilihat oleh orang lain. Meskipun orang tersebut tampaknya sadar, mereka tidak merespon ketika dipanggil. Ini sering menjadi tanda bahwa kematian semakin dekat.

Topik Menarik