10 Kegiatan Maulid Nabi Anak TK, Salah Satunya Menghias Kelas

10 Kegiatan Maulid Nabi Anak TK, Salah Satunya Menghias Kelas

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 16:49
share

JAKARTA, iNews.id - Kegiatan Maulid Nabi anak TK mungkin bisa jadi referensi. Masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Menurut situs Kementerian Agama RI (Kemenag), Maulid Nabi 1446 H atau 2024 M jatuh pada Senin, 16 September 2024. Menjelang hari besar Islam itu berbagai kegiatan dilakukan oleh masyarakat maupun institusi pendidikan, termasuk sekolah TK.

Bagi kamu yang sedang mencari referensi lomba, tak ada salahnya untuk menyimak informasi mengenai kegiatan Maulid Nabi anak TK dilansir dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2024).

Kegiatan Maulid Nabi Anak TK

1. Menghias Kelas

Menghias kelas bisa jadi salah satu kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Maulid Nabi di sekolah TK. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperindah dan membuat kelas jadi lebih enak dilihat dan nyaman ditempati.

2. Nonton Bareng Film Islami di Sekolah

Salah satu kegiatan Maulid Nabi di sekolah TK berikutnya adalah menonton film bertema Islam. Sekolah bisa memutar film mengenai kehidupan Rasulullah Shalallahu Allaihi Wassalam.

3. Santunan Anak Yatim

Menyelenggarakan kegiatan santunan anak yatim jadi salah satu cara merayakan Maulid Nabi di sekolah TK. Anak-anak TK bisa mengunjungi rumah yatim piatu di suatu wilayah dan membagikan momen kebahagiaan.

4. Penggalangan Dana

Musibah bencana alam kerap terjadi di beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, hingga gunung meletus. Momen itu bisa jadi sarana bagi kita, tak terkecuali anak TK untuk lebih peduli dengan menggalang dana.

5. Bakti Sosial

Contoh kegiatan Maulid Nabi yang bisa dilakukan oleh anak-anak TK berikutnya adalah bakti sosial. Sekolah TK bisa menggelar donor darah, membantu warga yang membutuhkan di sekitar sekolah. Ataupun membersihkan lingkungan di area sekolah.

6. Bazar Buku Islam

Dalam memperingati Maulid Nabi sekolah TK bisa menyelenggarakan bazar buku Islam. Sekolah bisa membuat workshop ataupun menghadirkan penulis terkenal untuk menarik minat siswa.

Kegiatan bazar buku Islam ini diharapkan bisa meningkatkan literasi siswa, khususnya terkait dengan buku-buku bertema Islam.

7. Festival Seni Islam

Sekolah TK juga bisa membuat acara hiburan untuk memperingati Maulid Nabi, seperti festival seni Islam. Acara pun yang berbentuk pertunjukan qasidah, drama, hingga pentas tari.

8. Shalawatan

Contoh kegiatan Maulid Nabi berikutnya adalah kegiatan shalawatan. Kegiatan ini diharapkan bisa menambah kecintaan para siswa kepada Rasulullah SAW.

Melalui kegiatan ini pula anak-anak TK dapat berlatih untuk terbiasa mengamalkan shalawat secara rutin sejak dini.

9. Lomba Adzan

Setiap anak-anak TK bisa menunjukkan bakatnya dengan mengikuti lomba azan ini. Siswa bisa berlatih untuk mengumandangkan adzan dan nantinya dapat dipraktekkan di lingkungan rumah.

10. Menulis Kaligrafi

Menulis kaligrafi bisa menjadi salah satu kegiatan menarik dilakukan saat merayakan hari kelahiran Rasulullah. Hiasan kaligrafi hasil dari lomba ini nantinya bisa dipajang untuk menghiasi sudut-sudut ruangan maupun sekolah.

Demikian ulasan mengenai kegiatan maulid nabi anak TK. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik