BNPT Ungkap 3 Kelompok Paling Rentan Terpapar Radikalisasi

BNPT Ungkap 3 Kelompok Paling Rentan Terpapar Radikalisasi

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 18:36
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkap ada tiga kelompok rentan terpapar radikalisasi. Ketiga kelompok itu yakni perempuan, remaja dan anak-anak.

Sekretaris Utama BNPT, Bangbang Surono menyebut ada tren pelibatan ketiga kelompok itu dalam penyebaran paham radikal.

"Peningkatan peran perempuan dan anak terlihat saat serangan bom Surabaya pada 2018 silam. Serangan tersebut merupakan yang pertama melibatkan keluarga sebagai pelaku, termasuk istri dan anak di dalamnya," kata Bangbang dalam diskusi Forum Tematik Bakohumas BNPT di Jakarta, dikutip Jumat (6/9/2024).

"Data I-Khub (dari BNPT) juga menyebut terdapat tiga kelompok yang rentan dalam proses radikalisasi, yaitu perempuan, remaja dan anak-anak," katanya.

Bangbang memastikan, perlindungan terhadap perempuan, anak dan remaja telah menjadi program prioritas BNPT. Pihaknya juga berkoordinasi dengan humas-humas pemerintah untuk menanggulangi radikalisme.

"Humas pemerintah yang tersebar mulai tingkat pusat hingga daerah, merupakan salah satu potensi besar yang dapat berfungsi secara optimal dalam pengelolaan komunikasi publik terkait program pembangunan public resilience dalam upaya melindungi perempuan, anak dan remaja dari ideologi radikalisme terorisme," ujar Bangbang.

Menurut dia, humas pemerintah bisa menggalang dukungan publik secara terbuka terhadap perlindungan anak dan perempuan.

Topik Menarik