Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Hari Ini, Tinggi Letusan Capai 600 Meter

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Hari Ini, Tinggi Letusan Capai 600 Meter

Terkini | inews | Senin, 9 September 2024 - 06:50
share

JAKARTA, iNews.id - Gunung Lewotobi Laki-laki yang berlokasi di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi, Senin (9/9/2024) pukul 06.11 WITA.Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi kolom letusan mencapai sekira 600 meter dari puncak

Berdasarkan data PVMBG, tinggi kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya.

"Terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki pada hari Senin 9 September 2024 pukul 06:11 WITA. Tinggi kolom letusan teramati 600 meter di atas puncak ( 2.184 meter di atas permukaan laut)," dikutip dari laman magma.esdm.go.id, Senin (9/9/2024).

Sejauh ini erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 5.18 mm dan durasi 256 detik. PVMBG mengimbau agar masyarakat tidak beraktivitas di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki.

"Masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas apa pun dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan serta 4 Km arah sektoral utara-timur laut dan 5 km pada sektor Timur laut dari pusat erupsi," tulis PVMBG.

Masyarakat juga diimbau agar tenang dan mengikuti arahan pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. PVMBG juga meminta kepada pemda setempat untuk aktif berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Topik Menarik