Puput Novel Meninggal Dunia Akibat Kanker Payudara, Yuk Kenali Gejalanya sejak Dini!

Puput Novel Meninggal Dunia Akibat Kanker Payudara, Yuk Kenali Gejalanya sejak Dini!

Terkini | okezone | Senin, 9 September 2024 - 08:21
share

MENINGGALNYA Puput Noven menyisakan duka mendalam bagi para penggemar. Perempuan cantik ini meninggal dunia di usia 50 tahun pada Minggu 8 September 2024 sekitar pukul 18.24 WIB di rumah sakit MMC Kuningan usai berjuang melawan penyakit kanker yang di deritanya sejak beberapa tahun lalu.

Menurut keterangan sang adik, Baginda Jaya, sang kakak meninggal karena riwayat penyakit kanker payudara yang sudah dideritanya sejak 2021. Puput mulai menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit dan bahkan sempat membaik selama 2022-2023.

Berkaca dari penyakit yang dialami Puput Novel, lantas apa sih gejala kanker payudara yang bisa diketahui? Berikut ulasannya!

Kanker payudara adalah jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel ganas tumbuh di dalam jaringan payudara. Sel-sel ini dapat membentuk tumor yang bisa teraba pada pemeriksaan fisik atau terdeteksi melalui pemeriksaan mamografi. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita.

Dokter Bedah Konsultan Onkologi Mandaya Royal Hospital Puri dr. Enos H. Siburian, Sp.B (K) Onk mengatakan, banyak pasien kanker payudara yang datang ke dokter sudah stadium lanjut. Hal itu tentu saja membutuhkan penanganan yang cukup panjang.

Kalau menemukan kanker payudara dalam stadium yang dini maka angka kesembuhannya tinggi hingga 98 persen. Stadium makin lanjut angka hidupnya rendah, itu sudah ilmiah, ujar dr Enos.

Untuk itu, dr Enos menyarankan agar masyarakat untuk mengetahui gejala awal dari kanker payudara sehingga bisa deteksi dini. Dokter Enos mengatakan hal yang pertama adalah harus melihat faktor risikobta dari usia. Sebab wanita yang berumur di aras 35 tahun bila ada benjolan harus hati-hati karena bisa jadi itu kanker payudara.

Kalau ada benjolan, walaupun belum dibuktikan dengan pemeriksaan bisa dibilang kanker. Kalau ada wanita datang ke praktik saya tuh di usia 35 sampi 40 belum kita tanya kita sudah menduga (kanker payudara). Tapi kalau usia 20, 22, atau 25 tahun ada benjolan biasanya tumor jinak, katanya.

Topik Menarik