Pria di Lampung Bobol 5 Apotek Curi Uang Ratusan Juta, Ngaku buat Biaya Sekolah Anak

Pria di Lampung Bobol 5 Apotek Curi Uang Ratusan Juta, Ngaku buat Biaya Sekolah Anak

Terkini | inews | Senin, 9 September 2024 - 08:59
share

PRINGSEWU, iNews.id - Pria berinisial RM (44) spesialis pembobol apotek dan toko lintas kabupaten di Lampung ditangkap polisi. Dia selama ini beraksi bersama rekannya berinisial ST (35) yang juga telah ditangkap.

Kapolres Pringsewu AKBP M Yunus Saputra mengatakan, kedua pelaku ditangkap usai terekam CCTV membobol apotek di Kecamatan Ambarawa. Selama ini mereka telah beraksi di lima TKP dengan membawa kabur uang mencapai ratusan juta rupiah.

"Pelaku ini bukan berdua saja, mereka beraksi empat orang. Dua lainnya yakni AR dan RH sudah diamankan Tekab 308 Reskrim Polres Lampung Utara," ujar Yunus, Minggu (8/9/2024).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para pelaku mengaku telah beraksi sebanyak lima kali. Tiga lokasi di wilayah hukum Polsek Pringsewu Kota dengan nilai kerugian sebesar Rp11,8 juta.

"Lalu di wilayah hukum Polres Lampung Utara dengan kerugian sebesar Rp250 juta dan di wilayah hukum Polres Pesawaran dengan kerugian Rp45 juta," katanya.

Yunus mengungkapkan, pelaku melakukan aksi pencurian dengan cara mencongkel rolling door dan merusak gembok apotek menggunakan alat.

Saat ini kedua pelaku telah ditahan dan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya 7 tahun penjara.

Pengakuan pelaku RM warga Kedondong, dia nekat membobol apotek karena terdesak keperluan biaya sekolah anak.

"Untuk kebutuhan sehari-hari dan juga buat anak sekolah," ucapnya.

Topik Menarik