Beredar Aturan Haji 2025 Makin Ketat, Arab Saudi Larang Wanita Hamil dan Anak di Bawah 12 Tahun

Beredar Aturan Haji 2025 Makin Ketat, Arab Saudi Larang Wanita Hamil dan Anak di Bawah 12 Tahun

Terkini | okezone | Senin, 9 September 2024 - 16:03
share

ISLAMABAD - Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan imbauan terkait persyaratan jamaah haji 2025. Melalui Kementerian Haji dan Umrah, mereka tidak akan mengizikan jamaah haji dengan penyakit berat, hamil dan anak anak di bawah 12 tahun.

Dalam surat yang dikirim ke Kementerian Agama Pakistan, hanya individu yang sehat dan bugar diizinkan melakukan perjalanan haji. Sementara mereka yang memiliki penyakit serius dilarang berangkat ke Tanah Suci.

Menurut juru bicara Kementerian Agama Pakistan Muhammad Umar Butt keputusan tersebut sebagai respons terhadap kondisi cuaca ekstrem selama musim haji. Aturan tersebut juga untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua jamaah.

Umar Butt mengatakan, mereka yang menderita penyakit ginjal, jantung, paru-paru, hati, dan kanker serius tidak akan diizinkan berangkat haji. Selain itu, orang-orang yang didiagnosis menderita demensia atau penyakit menular seperti TBC, batuk rejan, dan penyakit serupa lainnya.

Calon jamaah dengan gejala tersebut akan dilarang bertolak ke Arab Saudi. "Anak-anak di bawah usia 12 tahun dan wanita hamil tidak akan diizinkan melaksanakan haji," kata juru bicara kementerian Umar dikutip dunyanews.

.

Topik Menarik