Adopsi Hidroponik, Kolaborasi Unika Atma Jaya demi Ketahanan Pangan

Adopsi Hidroponik, Kolaborasi Unika Atma Jaya demi Ketahanan Pangan

Terkini | okezone | Senin, 9 September 2024 - 17:24
share

JAKARTA - Sebagai kelanjutan Kolaborasi Perguruan Tinggi dengan masyarakat di Desa Ciomas Rahayu dalam membentuk Kampung Tempe Ciomas, Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya kembali hadir untuk membantu warga untuk mengadopsi teknologi hidroponik dalam budidaya sayuran.

Teknologi ini tidak hanya menambah keindahan dan daya tarik wisata tetapi juga dapat memberikan alternatif pendapatan bagi masyarakat setempat.

Budidaya sayuran hidroponik di Desa Wisata Kampung Tempe Ciomas tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, namun juga dapat dipasarkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Untuk mencapai tujuan tersebut, serangkaian pelatihan telah diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Teknobiologi dengan dukungan dari pemerintah dalam hal ini oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Dirjen Perguruan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek RI Tahun 2024, melalui Hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat.

Pelatihan ini meliputi teknik budidaya sayuran dengan metode hidroponik, mulai dari penyemaian hingga panen, serta pelatihan kewirausahaan untuk pemasaran produk sayuran hidroponik. Tidak hanya pelatihan, sebanyak 8 perangkat hidroponik sudah dibagi dan diinstalasikan kepada warga pada berbagai titik.

Topik Menarik