Lithuania Izinkan Warga Ikut Berperang di Luar Negeri, tapi Jangan Bantu Rusia

Lithuania Izinkan Warga Ikut Berperang di Luar Negeri, tapi Jangan Bantu Rusia

Terkini | inews | Kamis, 12 September 2024 - 21:38
share

VILNIUS, iNews.id Lithuania mengizinkan warganya menjadi sukarelawan untuk bertempur dalam konflik di luar negeri. Hal tersebut dikonfirmasi oleh pejabat tinggi negara itu, Kamis (12/9/2024).

Seseorang diizinkan untuk bertugas di angkatan bersenjata negara lain hanya setelah menerima izin. Kami memiliki prosedur seperti itu, kata Menteri Dalam Negeri Lithuania, Agne Bilotaite, kepada radio Ziniu.

Kementerian Pertahanan Rusia memperkirakan bahwa 81 dari 174 warga negara Lithuania yang bertempur bersama pasukan Ukraina telah tewas hingga pertengahan Maret 2024. Namun Lithuania secara resmi hanya mengonfirmasi satu kematian dari jumlah yang diungkap Moskow tersebut.

Bilotaite mengatakan, Kestutis Kvetkus, seorang warga Lithuania yang dilaporkan ikut bertempur bersama pasukan Rusia untuk melawan Ukraina, akan segera dicabut kewarganegaraannya di Lithuania. Sementara Kvetkus sendiri tidak memiliki kewarganegaraan lain.

Kementerian Pertahanan Rusia telah memperingatkan tentara bayaran asing agar tidak bepergian untuk bertempur di Ukraina. Moskow mengatakan, mereka tidak memiliki status kombatan berdasarkan hukum internasional dan tidak memenuhi syarat untuk berstatus tawanan perang.

Topik Menarik