20 Nama Lolos Seleksi Pimpinan KPK, Ini Harapan Partai Perindo

20 Nama Lolos Seleksi Pimpinan KPK, Ini Harapan Partai Perindo

Terkini | inews | Kamis, 12 September 2024 - 23:07
share

JAKARTA, iNews.id - Pansel KPK sudah mengumumkan 20 nama calon pimpinan KPK telah diumumkan. Proses seleksi ini menjadi sorotan, mengingat masa depan KPK sangat bergantung pada siapa yang akan terpilih untuk memimpin lembaga antirasuah tersebut.

Ketua DPP Bidang Hukum dan HAM Partai Perindo Tama S Langkun menilai seleksi ini merupakan harapan baru bagi KPK untuk kembali meneguhkan posisinya sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Kami berharap, calon pimpinan KPK yang terpilih adalah figur yang minim catatan negatif dan telah teruji komitmennya dalam gerakan pemberantasan korupsi," ujar Tama, Kamis (12/9/2024).

Pansel KPK kini menghadapi tugas untuk mengerucutkan jumlah kandidat menjadi 10 nama yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selanjutnya, Jokowi akan memilih dua kali jumlah yang dibutuhkan untuk diserahkan kepada DPR, yang berarti 10 nama tersebut akan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Namun, sebelum memilih yang terbaik, ada beberapa kriteria penting yang harus menjadi perhatian, menurut Tama.

Tama menekankan bahwa integritas dan rekam jejak calon pimpinan KPK adalah syarat mutlak.

Pimpinan KPK yang memiliki masalah dalam rekam jejak akan menyandera KPK dalam menjalankan tugas pemberantasan korupsi, katanya.

Ia mengingatkan bahwa KPK akan rentan terhadap serangan balik dari koruptor jika pimpinan yang dipilih tidak memiliki integritas yang kuat.

Selain integritas, Tama juga menyoroti pentingnya kemampuan calon pimpinan dalam pencegahan korupsi dan kemampuan menjalin hubungan antar lembaga. "Upaya pencegahan korupsi akan sulit dilakukan tanpa adanya kerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya," katanya.

Tama juga menambahkan bahwa calon pimpinan KPK harus memiliki visi yang jelas tentang penguatan kelembagaan KPK. Berdasarkan survei Litbang Kompas pada Mei hingga Juni 2024, KPK mengalami penurunan citra di mata publik, dengan hanya 56,1 persen responden yang memberikan penilaian positif.

Pimpinan yang baru harus mampu memperbaiki persepsi publik terhadap KPK dan menetapkan target-target prioritas yang jelas, ujar Tama.

Sebelumnya, Pansel KPK sudah mengumumkan 20 nama pansel, Rabu (11/9/2024). Berikut ini namanya:

Berikut 20 nama calon pimpinan KPK yang lolos tes asesmen:

1. Agus Joko Pramono
2. Ahmad Alamsyah Saragih
3. Didik Agung Widjanarko
4. Djoko Poerwanto
5. Fitroh Rohcahyanto
6. Harli Siregar
7. I Nyoman Wara
8. Ibnu Basuki Widodo
9. Ida Budhiati
10. Johan Budi Sapto Pribowo
11. Johanis Tanak
12. Michael Rolandi Cesnanta Brata
13. Muhammad Yusuf
14. Pahala Nainggolan
15. Poengky Indarti
16. Sang Made Mahendrajaya
17. Setyo Budiyanto
18. Sugeng Purnomo
19. Wawan Wardiana
20. Yanuar Nugroho

Topik Menarik