Aksi Fantastis Lalu Muhammad Zohri di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Sabet Emas di 200m Putra Sekaligus Pecahkan Rekor PON Selama 35 Tahun!

Aksi Fantastis Lalu Muhammad Zohri di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Sabet Emas di 200m Putra Sekaligus Pecahkan Rekor PON Selama 35 Tahun!

Terkini | okezone | Sabtu, 14 September 2024 - 09:43
share

AKSI ciamik ditunjukkan pelari nasional, Lalu Muhammad Zohri , di PON XXI Aceh-Sumut 2024 . Dia berhasil menyabet medali emas sekaligus pecahkan rekor PON selama 35 tahun.

Ya, Lalu Muhammad Zohri mentas di PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan mewakili Nusa Tenggara Barat (NTB). Zohri pun mentas di nomor 200 meter putra.

Zohri tampil sebagai yang tercepat di babak final yang digelar di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat 13 September 2024 sore WIB. Dua kali Olimpian tersebut mencatatkan waktu 20,86 detik.

Zohri mengungguli Izrak Udjulu dari Gorontalo yang finis kedua dengan catatan waktu 21,23 detik dan berhak meraih perak. Sedangkan medali perunggu, ini direbut Bayu Kertanegara dari DKI Jakarta dengan waktu 21,28 detik.

Tak hanya emas, Zohri juga memecahkan rekor PON yang telah bertahan selama 35 tahun. Catatan waktu Zohri itu melampaui rekor PON 20.98 detik yang dicetak pada tahun 1989 atas nama Purnomo Muhammad Yudi.

Zohri mengatakan bersyukur masih bisa mempersembahkan medali emas untuk kontingen NTB. Mengingat, ia masih belum terlalu fit karena ada sedikit masalah dengan otot kakinya.

"Saya sebenarnya tadi nervous. Lari juga masih ditahan. Sebab, saya mengalami masalah di engkel kiri. Karena itu, saya sangat bersyukur bisa meraih hasil ini," kata Zohri dalam keterangan pers yang diperoleh MNC Portal Indonesia, dikutip Sabtu (14/9/2024).

"Alhamdulillah ternyata masih bisa mempersembahkan emas. Tidak mudah, karena atlet lain juga punya tekad yang sama dengan saya untuk juga bisa meraih medali untuk daerahnya masing-masing," lanjutnya.

Topik Menarik