5 Keajaiban Alquran dalam Matematika, Ada Perkalian hingga Bilangan Pecahan

5 Keajaiban Alquran dalam Matematika, Ada Perkalian hingga Bilangan Pecahan

Terkini | okezone | Sabtu, 14 September 2024 - 10:12
share

TERUNGKAP 5 keajaiban Alquran dalam matematika. Alquran merupakan hidayah dan petunjuk dalam segala hal. Alquran menunjukkan pada hal yang bermanfaat dalam agama dan dunia. Alquran juga menjadi jalan hidayah 'ilmiyyah dan 'amaliyyah.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang kitab suci Alquran sebagai petunjuk bagi semua:

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ

"Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus …." (Quran Surat Al Isra' (17) Ayat 9)

وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

"Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Alquran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Al A'raf (7): 52) 

Dalam ayat-ayat yang mulia tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala menyampaikan pujian terhadap Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai kitab paling agung dan paling luas cakupannya menyangkut semua jenis ilmu, kitab paling terakhir, bersumber dari Rabbul-'Alamin.

Dengan dalil-dalil, hujjah-hujjah, aturan-aturan, dan nasihat-nasihat yang dikandungannya, Alquran menjadi faktor banyaknya manusia yang memperoleh hidayah dan mengantarkan ke jalan yang lebih lurus serta terang.

Maksudnya, petunjuk Alquran lebih lurus, adil, dan paling benar dalam persoalan aqidah (keyakinan), amalan-amalan, dan akhlak. (1)

Petunjuk Alquran termasuk tentang ilmu matematika yang diterapkan dalam kehidupan umat manusia di dunia. Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. 

Berikut ini sejumlah keajaiban Alquran dalam matematika, sebagaimana dihimpun dari laman Math.uin-suska.ac.id:

1. Alquran membahas penjumlahan

وَلَبِثُوا۟ فِى كَهْفِهِمْ ثَلَٰثَ مِا۟ئَةٍ سِنِينَ وَٱزْدَادُوا۟ تِسْعًا

"Dan mereka tinggal dalam gua mereka 300 tahun dan ditambah 9 tahun (lagi)." (QS Al Kahfi: 25)

Ayat tersebut membahas lamanya waktu pemuda Al Kahfi yang tinggal di dalam gua, yaitu 300 ditambah 9 tahun, alias 309 tahun. 

2. Alquran membahas pengurangan

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوحًا إِلَىٰ قَوْمِهِۦ فَلَبِثَ فِيهِمْ أَلْفَ سَنَةٍ إِلَّا خَمْسِينَ عَامًا فَأَخَذَهُمُ ٱلطُّوفَانُ وَهُمْ ظَٰلِمُونَ

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka 1.000 tahun kurang 50 tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim. (QS Al 'Ankabuut: 14)

Ayat Alquran tersebut menjelaskan lamanya Nabi Nuh 'Alaihissalam tinggal bersama kaumnya, yaitu 1.000 tahun dikurang 50 tahun alias 950 tahun lamanya.

3. Alquran membahas perkalian

ٱلزَّانِيَةُ وَٱلزَّانِى فَٱجْلِدُوا۟ كُلَّ وَٰحِدٍ مِّنْهُمَا مِا۟ئَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُم بِهِمَا رَأْفَةٌ فِى دِينِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَآئِفَةٌ مِّنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ

"Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya 100 kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman." (QS An-Nuur: 2)

Ayat Alquran tersebut menjelaskan hukuman orang yang melakukan perzinaan, baik itu laki-laki maupun perempuan dikenakan sanksi 100 kali dera. Umat manusia mengetahui 100 kali dera merupakan kali lipat yang sering sekali dibahas di dalam matematika.

Dalam ayat lainnya dari Alquran juga dijelaskan ilmu matematika perkalian:

وَٱلَّذِينَ يَرْمُونَ ٱلْمُحْصَنَٰتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا۟ بِأَرْبَعَةِ شُهَدَآءَ فَٱجْلِدُوهُمْ ثَمَٰنِينَ جَلْدَةً وَلَا تَقْبَلُوا۟ لَهُمْ شَهَٰدَةً أَبَدًا ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

"Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan 4 orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) 80 kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik." (QS An-Nuur: 4) 

Topik Menarik